KAJIAN RISIKO DAN MITIGASI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN CIKARANG UTARA MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Penulis

  • Ida Hamida Institut Teknologi Sains Bandung
  • Kalam Ramadhan Institut Teknologi Sains Bandung

Kata Kunci:

Risiko, Mitigasi, Bencana Banjir, SIG

Abstrak

Bencana alam yang terjadi di Indonesia, hampir seluruhnya didominasi oleh bencana hidrometeorologi. Salah satu yang sering terjadi di Indonesia adalah bencana banjir. Selama sepuluh tahun terakhir, kecamatan Cikarang Utara mengalami kejadian bencana banjir sebanyak 23 kali. Hal ini mengindikasikan tingkat kerawanan yang tinggi di Kecamatan Cikarang Utara. Tujuan dari penelitian ini mencari upaya untuk menanggulangi bencana banjir secara komprehensif dengan pemetaan titik-titik risiko dan menyusun rencana mitigasi bencana banjir di Kecamatan Cikarang Utara.

Untuk mengoptimalkan penanggulangan bencana banjir, diperlukan pengkajian risiko bencana banjir. Metoda penelitian yang dilakukan yaitu dengan identifikasi tingkat ancaman, tingkat kerentanan dan tingkat kapasitas bencana banjir menggunakan beberapa parameter atau variabel yang sesuai dengan karakteristik wilayah di Kecamatan Cikarang Utara berbasis pemetaan ataupun Sistem Informasi Geografis (SIG).

Hasil  kajian risiko dan mitigasi dengan SIG, setiap data dan informasi yang dihasilkan dalam penanggulangan banjir menghasilkan peta overlay bencana banjir, sehingga bentuk mitigasi yang dihasilkan lebih tepat dan terukur.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2021