Peningkatan Keterampilan Membaca Geguritan Melalui Metode Art Performance-Learning Kelas XII SMK Negeri 1 Kedung

Authors

  • Iwan Setyabudi SMK Negeri 1 Kedung

DOI:

https://doi.org/10.20961/imscs.v1i1.472

Keywords:

Peningkatan Keterampilan, Membaca geguritan, Penggunaan Metode Art Performance-Learning

Abstract

Abstract: The purpose of the study was to improve students' skills in learning to read geguritan in class XII. This is because the problem in the learning process is monotonous using only the lecture method, without developing the use of other learning methods that are more innovative and creative. The learning process that has not been communicative and interactive by not developing good learning media makes students passive and lacks interest in participating in learning, causing low learning outcomes in reading geguritan skills. Improving learning through the Art Performance-Learning method aims to improve students' skills in reading geguritan. The approach used through the research report of students of class XII SMK Negeri 1 Kedung. Classroom Action Research was conducted in two cycles consisting of planning, implementation, observation and reflection on the results of the improvement research showed an increase. Formative test results were originally 65, in cycle I increased to 73, cycle II to 81.5. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the Art Performance-Learning method can improve students' skills in reading geguritan for the better.

Abstrak: Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan peserta didik pada pembelajaran membaca geguritan di kelas XII. Hal ini dikarenakan permasalahan dalam proses pembelajaran monoton hanya menggunakan metode ceramah, tanpa mengembangkan penggunaan metode pembelajaran lain yang lebih inovatif dan kreatif. Proses pembelajaran yang belum komunikatif dan interaktif dengan tidak mengembangkan media pembelajaran yang baik membuat peserta didik pasif serta kurang memiliki minat untuk mengikuti pembelajaran, menyebabkan rendahnya hasil belajar pada keterampilan membaca geguritan. Perbaikan pembelajaran melalui metode Art Performance-Learning bertujuan dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca geguritan. Pendekatan yang digunakan melalui laporan hasil penelitian peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Kedung. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dua siklus yang terdiri atas tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi atas hasil penelitian perbaikan menunjukkan peningkatan. Hasil tes formatif yang semula 65, pada siklus I meningkat 73, siklus II menjadi 81,5. Dengan KKM 70 rata-rata ketuntasan pada Prasiklus 29,1%, Siklus I menjadi 54%, dan Siklus II menjadi 87,5%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Art Performance-Learning dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca geguritan menjadi lebih baik.

References

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Djohan. 2005. Psikologi Musik. Yogyakarta: Buku Baik.

Doyin, Mukh. 2008. Seni Baca Geguritan : Persiapan, Pelatihan, Pementasan, dan Penilaian. Semarang: Institute.

Endrwaswara, Suwardi. 2009. Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa. Yogyakarta: Kuntul Press.

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Sendang. 2009. Seni Baca Geguritan. Semarang: Bandungan Institute. Permendiknas No 20 Tahun 2006. (2006). Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta : BSNP.

Sagala, S. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, W. 1979. Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widayat, Afendy dkk. 2010. “Peningkatan Pembelajaran Sastra Anak Melalui Model Play-Learning dan Performance-Art Learning”. UNY: Laporan Kegiatan PPM. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/1504/1/LAPORAN_PPM2010_ISI_AKHR.doc (Diunduh 5 September 2016)

Published

30-04-2023