Keterampilan Membaca Aksara Jawa dengan Model TPS THINK PAIR SHARE
DOI:
https://doi.org/10.20961/imscs.v1i1.473Keywords:
Membaca Pemahaman, Aksara Jawa, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair ShareAbstract
Abstract: The goal of this research is to improve learning process quality and skill of reading comprehension lettered Java with cooperative learning of Think Pair Share type. The research subject is the student class VIIIF SMP Negeri 16 Surakarta which consist of 23 students. Data source come from the teacher and students. Data collection techniques have used was observation, interview, documentation technical, and test. Data validity have used was source triangulation and methode triangulation. The data analysis techniques used was an interactive. This research was held in two cycles, with each cycle consist of four steps, there are planning, implementation of action, observation, and reflection. The conclusion of this research is the applied of cooperative learning of Think Pair Share type can improve reading comprehension lettered Java skill in the student class VIIIF SMP Negeri 16 Surakarta academic year 2014/2015.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman aksara Jawa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 16 Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Sumber data berasal dari guru mata pelajaran bahasa Jawa dan siswa kelas VIIIF. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Analisis data digunakan adalah analisis interaktif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman aksara Jawa pada siswa kelas VIIIF SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
References
Hidayati, Lida Ariesta N. ( 2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Media Flipchart untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V SD Negeri Trombol II Mondokan Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Lie, A. (2007). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Leaning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Moleong, Lexi J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PTRemaja Rosdakarya
Priyatmanto, Eko, Aris Rokhmadi, Muhammad Kusban. (2014). Aplikasi Pembelajaran Kaidah Bahasa Jawa Berbasis Android Mobile. Jurnal Bahasa. 2 (1): 23.
Purwanto, Agus. (2016). Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Berbasis Android. Jurnal Sistem dan Informatika. 11 (1): 53.
Riyadi, Adi. (2004). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit Rosenberg, Mark J. (2001). E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge in The
Sabrina, Yolanda. (2015). Rencana Aplikasi Pembelajaran Bahasa Kiasan (Majas) Bahasa Indonesia Berbasis Android. Teknik Informatika: STMIK GI MDP.
Safaat, Nazruddin. (2012). Pemrogaman Aplikasi Mobile Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
Samidi. (2010). Basa lan Kabudayan Jawi. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).
Sampsel, Ariana. (2013). Finding the Effect of Think Pair Share on Student Confidence and Participation. Honors Projects, Paper 28. Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies.
Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.