Cerkak Lelakone Si Lan Man Karya Suparto Brata: Nilai Edukatif untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Pandu Arga Siwi SMK Negeri 5 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.20961/imscs.v1i1.484

Keywords:

Nilai Edukatif, Cerkak, Pembelajaran, Bahasa Jawa, Materi Ajar, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Abstract: This study aims to describe: (1) analysis of the constituent elements of cerkak Nyadran, Dibayangi Tali Gantungan, Janjian Karo Peri, and Wong Wadon 01; (2) educational values in the cerkak; and (3) cerkak Nyadran, Dibayangi Tali Gantung, Janjian Karo Peri, and Wong Wadon 01 in cerkak Lelakone Si lan Man can also be used as Javanese language teaching materials in senior high school. The data analysis technique, namely by: (1) descriptive; (2) content analysis; and (3) structural and educational values. The research results are as follows. The building elements show the existence of interrelationships between elements so that they become integrated, namely characterization, plot, setting, point of view, mandate, and theme. The educational values found are religious values, moral values, social values and cultural values. This story is also suitable as Javanese teaching material in senior high school.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) analisis unsur pembangun cerkak Nyadran, Dibayangi Tali Gantungan, Janjian Karo Peri, dan Wong Wadon 01; (2) nilai-nilai edukatif dalam cerkak-nya; dan (3) cerkak Nyadran, Dibayangi Tali Gantung, Janjian Karo Peri, dan Wong Wadon 01 dalam cerkak Lelakone Si lan Man juga dapat digunakan sebagai materi ajar Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas. Teknik analisis datanya, yaitu dengan cara: (1) deskriptif; (2) analisis isi; dan (3) struktural dan nilai edukatif. Hasil penelitian sebagai berikut. Unsur pembangunnya menunjukkan adanya keterkaitan antar unsur sehingga menjadi terpadu, yaitu penokohan, alur, latar, sudut pandang, amanat, dan tema. Nilai edukatif yang ditemukan adalah nilai religi, nilai moral, nilai sosial dan nilai budaya. Cerkak ini juga cocok untuk menjadi materi ajar Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas.

References

Afifuddin. & Saebani, Beni Ahmad. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Brata, Suparto. 2005. Lelakone Si lan Man. Yogyakarta: Narasi.

Damono, Sapardi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Ismawati, Esti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan bahasa dan sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmanto, B. 2005. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Sangidu. 2004. Penelitian Sastra: Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat FIB UGM.

Published

30-04-2023