Ketrampilan Penguasaan Ragam Krama Melalui Pembelajaran Menulis Eksposisi Bahasa Jawa
DOI:
https://doi.org/10.20961/imscs.v1i1.485Keywords:
Pembelajaran Menulis Eksposisi, Persepsi, Perencanaan, Pelaksanaan, Kendala, Upaya Mengatasi KendalaAbstract
Abstract: This research aims at describing: 1) teacher perception of learning writing expository; 2) the planning of writing exspository teaching learning; 3) the implementation of learning writing expository ; 4) the obstacles in writing exspository teaching learning; and 5) the effort of solving problems in writing expository teaching learning.The method used is qualitative descriptive method. The sources of data include places and event, informants, and documents. The data collecting technique was conducted through observation, interview, and document analysis. Data triangulation and method triangulation were used in data validity test. Data analysis technique applied interactive analysis model.The researches result showed that: 1) the teacher perception of learning writing expository should by theories and practice; 2) the planning of the writing expository teaching was prepared in line with that made by MGMP at Regency level; 3) the implementation of writing expository was conducted by lecturing method and humor strategy; 4) the obstacles faced in learning writing expository are: a) infrastructure haven't been optimally provided;b) the studenst got difficulties in writing essay; c) the students are less active in learning; d) students difficult to choose word in speech level krama; e) limited time; f) the lower participation of students caused monotone of learning; 4) there were some ways to overcome the problems: a) providing sufficient infrastructure at schools; b) giving additional tasks to write at home; c) giving more question to students of learning writing expository; d) the students making a structure text before to applicated in paragraph expository; e) the teacher used the time very well; f) the teacher used a humor strategy of learning writing expository.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) persepsi guru terhadap pembelajaran menulis ekspositoris; 2) perencanaan pembelajaran menulis ekspositoris; 3) pelaksanaan pembelajaran menulis ekspositoris; 4) kendala dalam pembelajaran menulis ekspositoris; dan 5) upaya pemecahan masalah pembelajaran menulis ekspositoris. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Triangulasi data dan triangulasi metode digunakan dalam uji keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi guru terhadap pembelajaran menulis eksposisi harus dengan teori dan praktik; 2) perencanaan pembelajaran menulis eksposisi disusun sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh MGMP tingkat kabupaten; 3) pelaksanaan pembelajaran menulis eksposisi dilakukan dengan metode ceramah dan strategi humor; 4) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis eksposisi adalah: a) sarana prasarana belum tersedia secara optimal; b) siswa mengalami kesulitan dalam menulis karangan; c) siswa kurang aktif dalam pembelajaran; d) siswa sulit memilih kata dalam tingkat tutur krama; e) waktu yang terbatas; f) rendahnya partisipasi siswa sehingga pembelajaran monoton; 4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah: a) menyediakan sarana prasarana yang memadai di sekolah; b) memberikan motivasi kepada siswa untuk menulis karangan; c) memberikan bimbingan kepada siswa untuk menulis karangan; d) memberikan motivasi kepada siswa untuk menulis karangan; e) memberikan bimbingan kepada siswa untuk menulis karangan; f) memberikan bimbingan kepada siswa untuk menulis karangan: a) menyediakan sarana prasarana yang memadai di sekolah; b) memberikan tugas tambahan untuk menulis di rumah; c) memberikan lebih banyak pertanyaan kepada siswa dalam pembelajaran menulis eksposisi; d) siswa membuat struktur teks terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke dalam paragraf eksposisi; e) guru menggunakan waktu dengan baik; f) guru menggunakan strategi humor dalam pembelajaran menulis eksposisi.
References
Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Cihak, D.F. dan Castle, K. (2011). Improving Expository Writing Skills with Explicit and Strategy Instructional Methods in Inclusive Middle School Classrooms. International Journal of Special Education 26 (3): 107-113. Diperoleh 24 April 2015, dari http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ959005.pdf
Darmansyah. (2012). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Setyowati, I. (2010). Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2009/2010 Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Studi Kasus di SD Negeri Ngoresan No. 89 Surakarta). Skripsi tidak dipublikasikan, UNS, Surakarta.
Keputusan Gubernur Provinsi Jawa Tengah Nomor: 423.5/5/2010 Tanggal 27 Januari 2010. Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) SMA/ SMA LB/ SMK/ MA/ MAK/ Provinsi Jawa Tengah.
Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor: 423.5/14995 Tanggal 4 Juni 2014. Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) SMA/ SMA LB/ SMK/ MA/ MAK/ Provinsi Jawa Tengah.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murtono. (2010). Menuju Kemahiran Berbahasa Indonesia Langkah Maju Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Press.
Nurhadi. (1995). Tata Bahasa Pendidikan Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Owusu, E dan Adade-Yeboah, A. (2014). Thesis Statement: A Vital Element in Expository. Journal of Language Teaching and Research, 5 (1): 56-62. Diperoleh 15 April 2015, dari http://ojs.academypublisher.com.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006. Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Ramadhan, A. (2013). Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI Program Bahasa SMA Negeri 1 Sukoharjo (Sebuah Studi Kasus). Skripsi tidak dipublikasikan, UNS, Surakarta.
Subroto,. (2013). “Upaya Pelestarian dan Pengembangan Bahasa Jawa dalam Konteks Pembelajaran di Sekolah”. Makalah Seminar Nasional, 20 April 2013 di FKIP UNS.
Sutardjo, I. (2006). Mutiara Budaya Jawa. Surakarta: Jurusan Sastra Daerah FSSR UNS.
Sukoyo, J, Sumarlam, dan Suwandi, S. (2013). Hubungan Antara Tingkat Tutur dan Sikap Ekstrovert dengan Keterampilan Berbicara Krama Alus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1 (1): 97-107. Diperoleh 21 April 2015, dari http:jurnal.pasca.uns.ac.id
Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wijayanti, dkk. (2013). Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.