Analisis Kondisi Perkerasan Jalan Desa Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) di Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.20961/imscs.v2i2.678Keywords:
Jalan Desa, PCI, Pemeliharaan JalanAbstract
Abstract: Kapas District has quite a large population density in the Bojonegoro area. The increase in population has implications for increasing traffic volume, which in turn affects the strength and lifespan of the pavement structure. Therefore, effective maintenance and repair is required to prevent serious damage. The Pavement Conditions Index (PCI) method provides a detailed evaluation of the condition of pavement damage, allowing more detailed measurements for each type of damage that occurs. The results of the village road survey in Cotton District showed that the condition of Jalan Sukowati had a PCI score of 60, the condition of Jalan Mojodeso had a PCI score of 56, the condition of Jalan Klampok had a PCI score of 58, the condition of Jalan Wedi had a PCI score of 54, while the condition of Jalan Kalianyar had a PCI score of 58. Although the overall PCI score Klampok Village shows very good conditions with a score of 58, however there are several sample units that show less than satisfactory conditions. Sample unit 3 at STA 200–300 shows moderate conditions, while sample unit 4 at STA 300–400 shows poor conditions. Therefore, treatment is needed such as re-paving to improve this condition and the planned budget required is IDR 70,130,000.
Abstrak: Kecamatan Kapas memiliki kepadatan penduduk cukup banyak di wilayah Bojonegoro. Kenaikan jumlah penduduk memiliki implikasi pada peningkatan volume lalu lintas, yang pada saatnya mempengaruhi kemampuan dan umur perkerasan. Oleh karena itu, diperlukan pemeliharaan dan perbaikan yang efektif untuk mencegah kerusakan yang parah. Metode Pavement Conditions Index (PCI) memberikan evaluasi mendetail terhadap kondisi kerusakan perkerasan, memungkinkan perhitungan yang lebih detail untuk setiap jenis kerusakan. Hasil survei jalan desa di Kecamatan kapas mendapatkan hasil Jalan Sukowati nilai PCI 60, kondisi Jalan Mojodeso nilai PCI 56, kondisi Jalan Klampok nilai PCI 58, kondisi Jalan Wedi nilai PCI 54, sedangkan kondisi Jalan Kalianyar nilai PCI 58. Meskipun secara keseluruhan nilai PCI Desa Klampok menunjukkan kondisi yang sangat baik dengan skor 58, namun terdapat beberapa unit sampel yang menunjukkan kondisi yang kurang memuaskan. Unit sampel 3 pada STA 200–300 menunjukkan kondisi sedang, sementara unit sampel 4 pada STA 300–400 menunjukkan kondisi yang buruk. Oleh karena itu, diperlukan penanganan seperti pengaspalan kembali untuk memperbaiki kondisi tersebut dan rencana anggaran biaya yang diperlukan adalah Rp.70.130.000
References
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. (1995). Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Provinsi Jilid II, Metode Standar No. 002/T/Bt/1995. Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen PU. Jakarta.
ASTM International. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys. Designation: D 6433-07.
Direktorat Pembinaan Jalan Kota. (1990). Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota (No. 018/T/BNKT/1990). Direktorat Jendral Bina Marga Departemen PU. Jakarta.
Hapsari, Putri. (2017). Prioritas Pemeliharaan Jalan Menggunakan Metode Analytic Network Procces (ANP). Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Hardiyatmo, H.C. (2005). Pemeliharaan Jalan Raya. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Kamaliyah, Ana. (2017). Evaluasi Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index dan Metode Perbaikan Jalan Aspal Menggunakan Pendekatan Nilai PCI dan Bina Marga 2013. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Zain, Daka Rizki. (2019). Perbandingan Biaya Pelaksanaan Konstruksi Pada Pekerjaan Jalan Perkerasan Lentur Dengan Perkerasan Kaku (Studi Kasus: Jalan Jalur Lintas Selatan Desa Arjosari Kabupaten Pacitan).
Gama, A. W. O., Putri, D., & Prathama, G. H. (2022). Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Jenis Kerusakan Jalan: Studi Kasus pada Perkerasan Lentur. Techno.
Kartika, A. F. (2018). Analisa Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode PCI Pada Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya Propinsi Jawa Timur.
Sukma Ariyanto, A. (n.d.). Perbandingan Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan Lentur Dengan Metode Aashto Dan Mdp.
Thamrin, A. H. (2018). Langkah Mengatasi Konstruksi Perkerasan Jalan yang Kuat dan Awet dengan Memanfaatkan Sumber Material Lokal. Jurnal Infrastruktur.