Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 4P pada Keputusan Pembelian Beras Merah pada Pasar Modern di Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Devita Ayu Nindi Niken Ardila Program Studi Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret
  • Endang Siti Rahayu Program Studi Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret
  • Heru Irianto Program Studi Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Keputusan Pembelian, Produk, Harga, Lokasi, Promosi

Abstract

Abstract:. The goal of this research is to examine the manner in which the marketing mix affects decisions about brown rice and what factors are most important when making brown rice product purchases in the Bojonegoro Regency. The descriptive approach of research was used in this investigation. The study's population is brown rice consumers in the modern market in Bojonegoro Regency. In this research, 100 respondents served as the sample size, and the accidental sampling technique was used for sampling. Multiple regression analysis is the technique of analysis used. The findings demonstrated that the elements of the marketing mix made up of product variables (X1) the choice factors (Y) related to the purchasing of brown rice were significantly influenced by price (X2), location (X3), and promotion variables (Y), while the dominant influential variable was the price variable (X2).

 

Abstrak: Tujuan penyelidikan ini guna mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen terhadap beras merah dan bagaimana faktor terpenting yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang beras merah di Kabupaten Bojonegoro. Pendekatan penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Partisipan pada penelitian ini yaitu konsumen beras merah di pasar kekinian Kabupaten Bojonegoro. Pendekatan Accidental Sampling dipakai pada penelitian ini dengan memilih sampel sejumlah 100 responden. Analisis regresi berganda merupakan teknik analisis yang digunakan. Hasil penelitian membuktikan jika variabel bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3)berpengaruh  signifikan terhadap variabel keputusan pembelian beras merah (Y), dan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian beras merah (Y ), sedang variabel yang berpengaruh  yaitu variabel harga (X2).

References

Darsan, D., & Dawud, M. Y. (2021). Strategi Pemasaran Beras Pada Agroindustri Di Kabupaten Bojonegoro. VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 15(1), 65-71.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah .(2024, Februari 29). https://dindag.bojonegorokab.go.id/

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Mawaddah, F., Kusnarta, I. G. M., Silawibawa, I. P., & Sutriono, S. (2022). Pengaruh Aplikasi Limbah Padi dan Tumpangsari dengan Kacang Tanah Terhadap Sifat Biologi Tanah dan Pertumbuhan Padi Beras Merah (Oryza nivara) pada Sistem Irigasi Aerobik. Journal of Soil Quality and Management, 1(2), 42-51.

Putra, M. R. A., Dja'far, A., & Firmansyah, H. (2019). Tingkat Penerapan Teknologi Budidaya Beras Merah Di Desa Teluk Limbung Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Frontier Agribisnis, 3(2).

Sari, D. W., Suswadi, S., & Handayani, H. (2017). Analisis Pemasaran Kentang Manis (Ipomeae Batatas L) Pada Kelompok Tani Makmur Di Desa Puntukrejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Jurnal Ilmiah Agrineca, 17(2).

Suryaningsih, E. L. I. Y. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran 4P Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek “Cheers” Pada CV Darma Putra Wijaya Di Samarinda. Universitas Mulawarman Samarinda.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sugiyono, P. D. (2022). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Veronica, M. S., Ida, I., & Winata, V. T. (2020). Using cash flow ratios to establish a manufacturing bankruptcy prediction model. Jurnal Manajemen Indonesia, 20(2), 114-121.

Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 923-926.

Downloads

Published

07-12-2024