Evaluasi Perancangan Struktur Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Ruas Jalan Suwaloh - Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Agustiya Eko Wahyudi Program Studi S2 Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
  • Florentina Pungky Pramesti Program Studi S2 Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
  • Ary Setyawan Program Studi S2 Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Evaluasi, Perencanaan Jalan Desa, Rigid Pavement

Abstract

Abstrak: In Bojonegoro Regency, currently most of the road construction is rigid pavement. Because maintenance costs are relatively cheaper and the material durability is higher than flexible pavement. The road connecting Bulu Village, Balenrejo village and Suwaloh Village, Balen District, Bojonegoro Regency, hereinafter called Suwaloh – Margomulyo Road. This road is 1.8 kilometers long and stretches across 3 villages, namely Bulu Village to the east, Balenrejo Village in the middle, and Suwaloh Village to the west. The condition of the road at that time was badly damaged. One of the causes of the damage to the road was because during the harvest season the road was passed by trucks carrying rice with loads exceeding the permitted tonnage (Overload). So, this study will re-design rigid pavement and then compare the results, whether it becomes thicker or thinner. This study also compares the existing design RAB and alternative designs to be made by the authors. Based on the existing conditions on the Suwaloh - Margomulyo road section which plans road work with specifications using wiremesh iron reinforcement, strous, dowel, tiebar which are not in accordance with the guidelines of Rev 2003 and MDPJ 2017. Then it is necessary to evaluate the performance of the existing concrete slab. Based on the results of kenpave analysis, alternative designs were obtained with specifications of 25cm concrete slab thickness, plain concrete obtained Smaller load reps (Noccur) rather than repetition of load permits (Nizin) so that the design meets the criteria. Rigid pavement work does not use reinforcement or plain concrete amounting to Rp.5,819,699,461 including 11% VAT. From the calculation of the cost of each rigid pavement work using reinforcing iron with rigid pavement work without reinforcement or plain concrete, a cost difference of Rp. 3,079,456,000 is obtained, So, Alternative Design is Cheaper because Road Design does not Use Reinforcement.

Abstrak: Di Kabupaten Bojonegoro, saat ini sebagian besar pembangunan jalan adalah perkerasan kaku. Karena biaya perawatan relatif lebih murah dan ketahanan material lebih tinggi dibandingkan perkerasan fleksibel. Jalan yang menghubungkan Desa Bulu, Desa Balenrejo dan Desa Suwaloh, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, selanjutnya disebut Jalan Suwaloh – Margomulyo. Jalan ini memiliki panjang 1,8 kilometer dan membentang di 3 desa. Kondisi jalan saat itu rusak parah, Salah satu penyebab kerusakan jalan adalah karena saat musim panen jalan dilalui truk pengangkut padi dengan muatan melebihi tonase yang diizinkan (Overload). Jadi, penelitian ini akan mendesain ulang jalan rigid pavement. Berdasarkan kondisi eksisting pada ruas jalan Suwaloh - Margomulyo yang merencanakan pekerjaan jalan dengan spesifikasi menggunakan tulangan besi yang tidak sesuai dengan pedoman Pdt 2003 dan MDPJ 2017. Maka diperlukan evaluasi terhadap kinerja slab beton eksisting. Berdasarkan hasil Analisis kenpave didapatkan perancangan alternative dengan spesifikasi ketebalan slab beton 25cm, Beton polos didapatkan Repetisi beban yang terjadi (Nterjadi) lebih kecil daripada repetisi izin beban (Nizin) sehingga desain tersebut memenuhi kriteria. Pekerjaan perkerasan kaku tidak menggunakan tulangan atau beton polos sebesar Rp.5.819.699.461 sudah termasuk PPN 11%. Dari perhitungan biaya masing-masing pekerjaan perkerasan kaku menggunakan besi tulangan dengan pekerjaan perkerasan kaku tanpa tulangan atau beton polos diperoleh perbedaan biaya sebesar Rp. 3.079.456.000, Jadi, Perancangan Alternatif Lebih Murah dikarenakan dalam Perancangan Jalan tidak Menggunakan Tulangan.

References

Farnandu, Y., & Alzahri, S. (2022). ANALISA TEBAL PERKERASAN KAKU ( RIGID PAVEMENT ) DI DESA SERAPEK KECAMATAN TELUK GELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR ( OKI ). VII(I), 20–27.

Tias, S. A. N. (2020). Evaluasi Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dengan Metode Aashto 1993 Dan Metode Bina Marga Pd-T-14-2003 Menggunakan Tulangan Pada Ruas Jalan Sungai Jering - Kari. JURNAL PERENCANAAN, SAINS, TEKNOLOGI, DAN KOMPUTER (JUPERSATEK). http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JUPERSATEK/article/view/881

Nababan, D. S., Utary, C., & Murdin, Z. D. M. (2021). Analisis Perencanaan Ulang Perkerasan Kaku Dengan Metode Manual Desain Perkerasan (MDP 2017). Musamus J. Civ. Eng. https://core.ac.uk/download/pdf/524798524.pdf

M. A. Nasution, N. Fajarriani, dan M. Idham, “Perbandingan Tebal Perkerasan Jalan Kaku Dengan Metode PD-T-14-2003 DAN MDPJ 2017 (Studi Kasus Jl. Yos Sudarso, Kota Dumai),” J. Tek. Sipil, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.unsyiah.ac.id/JTS/article/view/13614

Standard Nasional Indonesia, "Perencanaan Perkerasan Beton Semen", Pd-T 2003

Henri Siswanto, Harnen Sulistio, Ludfi Djakfar, Ahmad Wicaksono, (2020) sistem manajemen jalan dan kondisi kerusakan jalan di indonesia: sebuah kajian pustaka

Kusdiman Joko Priyanto (2020), perbandingan perencanaan perkerasan jalan rigid pavement dengan menggunakan metode sni pd t-14-2003 dan naasra. https://media.neliti.com/media/publications

Kusuma, Moch. Rezaldi Dwi (2019) Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Kaku Menggunakan Pedoman Bina Marga Pd T – 14 – 2003 Dan Aashto 1993 Pada Ruas Jalan Mojokerto – Gedek. https://eprints.umm.ac.id/

Sumina, & Priyanto, K. (2020). Perbandingan Perencanaan Perkerasan Jalan Rigid Pavement Dengan Menggunakan Metode SNI Pd T-14-2003 Dan NAASRA. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, http://repository.umsu.ac.id/

Chatiful, AhmadBethary, Rindu Pradana, Muhammad Fakhruriza, Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga 2003 Dan Metode AASHTO 1993 ( Studi Kasus: Jalan Akses Tol Cilegon Barat) https://www.researchgate.net/

Downloads

Published

07-12-2024