Inisiasi Pojok Baca sebagai Upaya Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngelo, Kecamatan Jatiroto

Authors

  • Hery Widijanto
  • Andini Wati
  • Annisa Salsabila Ramadhani
  • Sinziariesta Ataya

Keywords:

buku, perpustakaan, siswa, sumber bacaan

Abstract

Literasi bagi siswa membutuhkan perpustakaan dan sumber bacaan yang memadai. Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 1 Ngelo masih mengalami kekurangan buku bacaan untuk siswa-siswinya. Program pengabdian masyarakat oleh kelompok KKN UNS 191 periode 2022 ini dilakukan diĀ  Desa Ngelo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kegiatan berupa pembuatan Pojok Baca di perpustakaan SD Negeri 1 Ngelo. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan kepada siswa-siswi berbagai sumber bacaan yang dapat dimanfaatkan sebagai media, sumber belajar dan informasi, sumber ilmu pengetahuan, serta memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan dan bervariatif. Kegiatan dilaksanakan dengan metode survei, wawancara, dan observasi. Pihak yang terlibat dalam kegiatan antara lain guru, siswa-siswi SD Negeri 1 Ngelo dan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan terwujudnya Pojok Baca di SD Negeri ! Ngelo. Partisipasi dan antusias guru dan siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 1 Ngelo serta donatur dalam mewujudkan Pojok Baca sangat baik. Para donatur berkontribusi memberikan sumbangan buku untuk kelengkapan perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 1 Ngelo. Guru mampu mendorong minat siswa untuk memanfaatkan Pojok Baca dengan memberikan jadwal rutin kunjungan ke perpustakaan. Dampak dari kegiatan Pojok Baca ini adalah mampu meningkatkan semangat belajar, minat baca, dan rasa ingin tahu siswa-siswi di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngelo terhadap berbagai jenis buku yang ada di Pojok Baca. Siswa-siswi juga menjadi paham tentang betapa pentingnya membaca untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan.

Downloads

Published

2023-07-29