Pengembangan Branding Dan Kemasan Produk Kopi Tagar Di Dusun Semagar Duwur, Desa Semagar, Girimarto, Wonogiri

Authors

  • Tri Wening Perwita Sari Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Maulina Salsabila Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Besti Baramita Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Najwa Cita Adhi Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Aurini Dwi Diana Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Aulia Nuril Khasanah Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Jihan Lathifa Hapsari Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Dimas Rahadian Aji Muhammad Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

Kopi, Logo, Promosi

Abstract

Kopi Robusta merupakan komoditas kopi yang banyak dibudidayakan di daerah Dusun Semagar Duwur, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Untuk memperkenalkan kopi robusta yang berasal dari Dusun Semagar Duwur ini, maka perlu adanya branding. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya branding dan pembuatan kemasan pada suatu produk yang nantinya dapat meningkatkan harga jual suatu produk. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di kediaman Pak Jafar selaku ketua kelompok tani bersama dengan anggota kelompok tani Rukun Martani Elok pada Selasa, 22 Agustus 2023 pukul 19.00 yang dibarengi dengan agenda kumpul kelompok tani. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu observasi awal, persiapan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Pada keempat tahap tersebut direalisasikan dengan metode penyuluhan, pendampingan pembuatan sosial media, dan penggunaan sosial media yang baik dan benar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berisi kegiatan pemaparan mengenai nilai-nilai bisnis, manfaat branding, penjelasan mengenai nama brand, logo, dan tagline, penjelasan mengenai digital branding menggunakan media sosial berupa instagram, penjelasan jenis dan pertimbangan kemasan, penjelasan mengenai desain dan konten label kemasan. Dampak dari kegiatan penyuluhan ini yaitu mampu meningkatkan pemahaman kelompok tani kopi Rukun Martani Elok di Dusun Semagar Duwur terkait pentingnya branding produk, pembuatan label kemasan dalam meningkatkan nilai jual suatu produk dan penggunaan media sosial sebagai salah satu media promosi. Kegiatan penyuluhan branding dan kemasan produk kopi Tagar di Dusun Semagar Duwur diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dan diharapkan dapat berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.

Downloads

Published

2024-03-14

Issue

Section

Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan UMKM Bidang Pertanian