Penyuluhan Teknik Produksi, Peningkatan Nilai Jual, dan Komersialisasi Produk di Eduwisata Embung Setumpeng

Authors

  • Martyas Adi Cahya Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Shynta Yuliani Program Studi Ilmu Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Indoneisa
  • Roisdha Ika Syaharani Program Studi Ilmu Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Indoneisa
  • Gusti Fauza Program Studi Ilmu Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Indoneisa

Keywords:

edukasi, inovasi, oleh-oleh, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Target pengabdian adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar Embung Setumpeng yang dikenal sebagai Asosiasi Pedagang Embung Setumpeng (APEM). Permasalahan yang dihadapi, yaitu berhenti beroperasinya eduwisata Embung Setumpeng pasca pandemi COVID-19. Saat ini belum terdapat oleh-oleh khas yang sejatinya dapat menjadi sarana pengenalan kembali Embung Setumpeng, meskipun Embung Setumpeng sendiri merupakan lokasi wisata yang berbasis edukasi. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menciptakan inovasi oleh-oleh yang unik, serta memberikan pengetahuan tentang teknik produksi yang benar, peningkatan nilai jual, dan strategi pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melibatkan wawancara untuk menilai potensi Desa Gentungan yang dapat dijadikan bahan oleh-oleh. Selain itu, metode praktik atau demonstrasi dan penyuluhan digunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada anggota APEM. Hasil dari kegiatan ini mencakup penciptaan inovasi berupa manisan jambu kristal sebagai oleh-oleh khas, peningkatan pengetahuan anggota APEM tentang teknik produksi, dan pemahaman mengenai cara meningkatkan nilai jual produk melalui labelling, serta strategi komersialisasi melalui platform online shop. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi APEM dengan meningkatkan kualitas produk, daya saing, dan akses pasar melalui pemanfaatan teknologi digital. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menghidupkan kembali aktivitas di eduwisata Embung Setumpeng.

Downloads

Published

2024-03-14

Issue

Section

Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan UMKM Bidang Pertanian