Pendampingan UMKM Melalui Brand Awareness di Desa Puntukrejo Kecamatan Ngargoyoso

Authors

  • Afifah Rahmaniah Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Aisyah Hana Nurhafizhah Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Azzamia Azizah Andaru Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Berlian Cahyani Septyaningrum Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Elang Imantiar Alfawwazsyah Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Eldya Durrani Canceregna Vardanta Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Luthfian Renaltha Ibrahim Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Rafi Difa Allama Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Salman Alfarizi Nurantho Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Wiwit Rahayu Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

label, merek, sosialisasi, UMKM

Abstract

Kegiatan sosialisasi dan pendampingan label ini bertujuan untuk kesadaran merek yang kuat dan label yang menarik dapat membantu UMKM bersaing lebih baik di pasar yang kompetitif. Ini dapat membantu mereka mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Serta dapat membangun kesadaran merek yang kuat dan memiliki label yang profesional dapat meningkatkan kredibilitas UMKM di mata pelanggan. Kegiatan sosialisasi dan pendampingan label dilaksanakan dengan menerapkan sebuah metode untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Proses ini dimulai dengan tahap perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan, dan diakhiri dengan memberikan materi dan menerima feedback. Target dari kegiatan sosialisasi merupakan UMKM yang masih berskala rumah tangga. Kegiatan ini melakukan  penyampaian mengenai brand awareness seperti memaparkan video-video promosi UMKM, mempelajari digital marketing, diajarkan  untuk kreatif, inovasi produk, kualitas produk, dan menentukan harga yang sesuai dengan produknya, selain itu juga mempelajari sebuah unsur branding dan konsep sebuah branding. Pendampingan pembuatan label dilakukan dengan memilih salah satu UMKM yakni UMKM Ecik karena memiliki banyak konsumen tetap. Dampak dari kegiatan sosialisasi dan pendampingan label ini adalah komunitas lokal ataupun masyarakat sekitar UMKM dapat merasakan dampak positif berupa peningkatan lapangan kerja dan kesejahteraan ekonomi dikarenakan permintaan produksi yang terus meningkat pada UMKM tersebut. Kami berhasil menerapkan strategi brand awareness untuk meningkatkan kesadaran merek UMKM di Desa Puntukrejo dibuktikan dengan tingginya tingkat partisipasi pelaku UMKM dan meningkatnya kesadaran akan pemahaman pentingnya brand awareness. Kerja sama erat dengan pelaku UMKM setempat memungkinkan kami memahami kebutuhan dan preferensi pasar, sehingga kami dapat menciptakan label produk yang lebih menarik dan sesuai dengan citra merek yang diinginkan yang disesuaikan dengan kebutuhan pencantuman dalam label.

Downloads

Published

2024-03-14

Issue

Section

Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan UMKM Bidang Pertanian