Pengembangan Teknologi Tepat Guna dan Penerapan Digital Marketing pada Pelaku Kelompok UMKM Ubi Jalar di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar
Keywords:
digital marketing, kripik, teknologi tepat guna, ubi jalarAbstract
Berdasarkan need assessment yang dilakukan Tim PKM di Desa Karanglo di Kabupaten Karanganyar untuk memberdayakaan Pengrajin Kripik di wilayah setempat, permasalahan yang dihadapi mitra adalah (1) bagaimana memproduksi kripik yang efisien dan menguntungkan? (2) bagaimanakah strategi meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para pelaku UMKM dalam implementasi digital marketing untuk pengembangan usaha ini? (3) bagaimana bentuk-bentuk implementasi digital marketing yang dilakukan oleh para pengrajin kripik pisang supaya bisa menjalin kemitraan usaha dan memperluas pangsa pasarnya?. Oleh karena itu solusi yang dilakukan adalah diseminasi inovasi teknologi tepat guna dan pendampingan pada kelompok itu agar bisa berkembang dan mampu membangun jejaring kemitraan usaha agar segmentasi pemasarannya semakin luas dan usahanya berkembang. Metode yang dipakai dalam pencapian tujuan tersebut adalah: (1) pengorganisasian kelompok; (2) diseminasi inovasi teknologi tepat gunan; (3) kegiatan pelatihan-pelatihan tekni dan manajemen usaha; (4) pendampingan, dan (5) pengembangan jejaring kemitraan. Kegiatan pengabdian meliputi: pendidikan dan latihan (diklat) tentang teknik pengolahan makanan, pelatihan implementasi digital marketing, fasilitasi dan pelatihan pengembangan kapasitas produksi, dan meningkatkan motivasi pengembangan kelembagaan.