Evaluasi dan Strategi Efektif Dalam Promosi Kawasan Wisata Dengan Penggunaan Media Social di Desa Nganjat, Kec. Polanharjo, Kab Klaten
Keywords:
evaluasi, desa wisata, media sosial, budidaya ikan, promosiAbstract
Budidaya Ikan Nila menjadi salah satu objek wisata yang memiliki nilai daya tarik. Salah satu desa yang memanfaatkan pengelolahan wisata tersebut adalah Desa Nganjat, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Desa Nganjat merupakan salah satu sentra pemasok Ikan Nila terbesar di Kabupaten Klaten dan sekitarnya. Desa Nganjat sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata sejak tahun 2013. Menurut informasi, kendala yang dihadapi oleh masyarakat desa adalah fluktuasi penjualan ikan Hal ini memerlukan identifikasi masalah, seperti kegiatan masyarakat tidak terlibat dalam kegiatan wisata, belum tersedianya pusat pelatihan budidaya perikanan, belum tersedianya tempat rekreasi yang berkelanjutan, dan keberadaan sumber daya manusia yang belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pemilihan Desa Nganjat, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten dilakukan secara sengaja (purposive) karena telah menjadi lokasi pilihan untuk Kuliah Kerja Nyata periode Juli-Agustus 2023. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder.. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dari penelitian ini ditemukan strategi efektif untuk melaksanakan promosi kawasan wisata di Desa Nganjat melibatkan penggunaan media social dengan penerapan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), penggunaan hashtag relevan, interaksi dengan audiens, jadwal posting yang konsisten, dan analisis kinerja konten. Pemilihan platform media sosial harus didasarkan pada pemahaman yang mendalam tentang audiens, jenis konten, biaya, dan sumber daya yang tersedia. Selain itu, evaluasi dan adaptasi terus-menerus perlu dilakukan.