Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Narapidana Perempuan Melalui Pelatihan Ecoprint di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang
Keywords:
kreativitas, metode pembinaan, pemberdayaan, teknik pewarnaanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu yang dimiliki narapidana dalam mengikuti pelatihan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), yang menjadi tantangan dalam pengembangan keterampilan mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas pelatihan ecoprint berbasis kertas dengan metode action research yang diberikan kepada 30 narapidana di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest sebelum pelatihan dan posttest setelah pelatihan, kemudian dianalisis menggunakan uji beda (paired simple t-test) dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest dengan rata-rata peningkatan sebesar 77%, yang termasuk dalam kategori tinggi, dan 77% peserta masuk dalam kategori peningkatan yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan ecoprint efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan narapidana meskipun mereka menghadapi keterbatasan waktu dan sumber daya, sehingga pelatihan ini layak untuk diimplementasikan di Lapas sebagai alternatif pengembangan keterampilan.