Pemberdayaan Masyarakat Desa Bumiharjo dengan Optimalisasi Potensi Sektor Ekonomi melalui Pengembangan Branding UMKM
Keywords:
Bumiharjo, kemasan, KKN, selar, UMKMAbstract
Bumiharjo memiliki masyarakat yang heterogen dan kondisi ekonomi yang didominasi oleh sektor pertanian dan UMKM. Kelompok KKN 288 UNS berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui aspek ekonomi berupa inovasi kemasan untuk produk selar di Desa Bumiharjo. Selar adalah makanan khas yang berbentuk seperti kremesan dengan tambahan ikan selar. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberdayakan Masyarakat desa bumiharjo dengan optimalisasi potensi ekonomi melalui pengembangan branding produk UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi lapangan, wawancara dengan pelaku usaha, serta diskusi kelompok untuk memahami kebutuhan dan kendala yang ada. Hasil kegiatan ini yaitu pelaku UMKM di Desa Bumiharjo memiliki keterampilan untuk memahami cara memaksimalkan peluang usaha. Selain itu, kemasan produk selar yang baru berhasil dibuat dan dibagikan kepada pemilik UMKM Selar yang ada di Bumiharjo.