Karya Ilmiah Kreatif sebagai Pengembangan Bakat Literasi Sastra pada Siswa KIR SMAN 5 Surakarta
Keywords:
karya ilmiah, kehutanan, lingkungan, literasi, siswaAbstract
Penulisan karya ilmiah kreatif merupakan bagian dari gerakan literasi Indonesia yang menargetkan pengembangan bakat sastra siswa, khususnya siswa sekolah tingkat atas (SMA). Pengembangan literasi siswa sebagai wujud dalam pengembangan insan yang berkualitas dan bermanfaat secara nilai keilmuan. Program pengabdian masyarakat dengan sasaran siswa SMAN 5 Surakarta dengan tema: Pendidikan Lingkungan dan Kehutanan Sebagai Bahan Observasi dan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan tujuan pengembangan pemahaman literasi pada siswa SMA; penyampaian materi penulisan ilmiah, semipopuler, dan populer; pengenalan lebih lanjut mengenai plagiarism; serta pentingnya ilmu lingkungan dan kehutanan. Pengabdian masyarakat dilakukan pada Oktober 2019 di SMAN 5 Surakarta, kegiatan dihadiri oleh 20 siswa, 1 orang Pembina dan 3 orang pendamping pembina KIR SMAN 5 Surakarta. Kegiatan dimulai dari pemaparan materi dan diakhiri dengan diskusi, kegiatan diskusi membahas beberapa poin mencakup penulisan artikel mading, bulletin (majalah bulanan), atau bentuk karya ilmiah lainnya. Tindak lanjut kegiatan ini adalah keikutsertaan siswa dalam kegiatan Lomba Penulisan Karya Ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan milik UNS di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo Karanganyar. Siswa KIR SMA 5 Surakarta menyampaikan hasil karya ilmiah dengan didukung bakat literasi yang baik. Pembina KIR mendamping siswa secara terstruktur, sehingga siswa mampu memahami dengan baik literasi sastra dalam karya ilmiahnya. Harapannya pendampingan pembina KIR kepada siswa terus dilakukan secara intensif, sehingga pemahaman literasi siswa KIR semakin baik.