Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Sebagai Edukator Terhadap Tingkat Keberhasilan Program Pemberdayaan Masyarakat

Authors

  • Siti Aisyah Program Studi Agribinis Fakultas Pertanian Univesitas Swadaya Gunung Jati
  • Achmad Faqih Program Studi Agribinis Fakultas Pertanian Univesitas Swadaya Gunung Jati
  • Jimi Yatriadi Program Studi Agribinis Fakultas Pertanian Univesitas Swadaya Gunung Jati

Keywords:

edukator, KRPL, KWT, peran, PPL

Abstract

Peran penyuluhan pertanian lapangan (PPL) sebagai Edukator terhadap tingkat
keberhasilan program pemberdayaan masyarakat melalui program kawasan rumah pangan
lestari (KRPL) tentunya memiliki peranan penting, dikarenakan PPL bertanggung jawab untuk
menyampaikan ilmu pengetahuan bagi para petani. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1)
Pengaruh peran penyuluh pertanian lapangan sebagai edukator secara simultan terhadap tingkat
keberhasilan program KRPL di Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Sejahtera. (2) Variabel
mana yang paling berpengaruh dari peran penyuluh pertanian lapangan sebagai edukator secara
parsial terhadap tingkat keberhasilan program KRPL di Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina
Sejahtera. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
deskriptif. Populasi di dalam penelitian ini adalah anggota KWT Bina Sejahtera Desa
Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh anggota KWT Bina
Sejahtera yang berjumlah 35 anggota dijadikan sampel. Teknik analisis data yaitu dengan
menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Secara
simultan peran penyuluh pertanian lapangan sebagai edukator terhadap tingkat keberhasilan
program KRPL di KWT Bina Sejahtera berpengaruh positif dengan nilai signifikansi dengan
nilai 0,00 < 0,05. (2) Secara parsial variabel yang paling berpengaruh dalam tingkat
keberhasilan program KRPL adalah variabel memfasilitasi proses belajar (X3) dengan nilai
signifikansi 0,000. Kemudian variabel meningkatkan keterampilan (X2) dengan nilai
signifikansi 0,058 dan terakhir adalah variabel memberikan pengetahuan baru (X1) dengan nilai
signifikansi 0,254.

Published

2023-05-30