Pusat Pelayanan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau Tahun 2019

Penulis

  • Clara Kharisma Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia.
  • M H Dewi Susilowati Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia.

Kata Kunci:

Pusat Pelayanan, Pembentukan Pusat Pelayanan, Kota Pekanbaru

Abstrak

Kota Pekanbaru mengalami pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat yang sudah mencapai daerah pinggir Kota Pekanbaru dan direncanakan akan dibentuk sebagai kawasan metropolitan. Perkembangan dan pertumbuhan yang pesat ini tentu mempengaruhi bagaimana pusat pelayanan yang terdapat di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pusat pelayanan yang terdapat di Kota Pekanbaru tahun 2019 serta ingin mengetahui hubungannya dengan empat faktor pembentuk pusat pelayanan berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh Kota Pekanbaru yaitu faktor lokasi strategis, faktor aglomerasi, faktor sumber daya alam, dan faktor investasi pemerintah daerah. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis keruangan dan analisis statistik Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pusat pelayanan di Kota Pekanbaru tahun 2019 terdapat di enam kelurahan yaitu Kelurahan Air Dingin, Kelurahan Tangkerang Utara, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kelurahan Tuah Karya, dan Kelurahan Labuh Baru Timur; dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pusat pelayanan dengan empat faktor pembentuk pusat pelayanan.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2021