Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komoditas Pertanian Secara Online di Jabodetabek

Authors

  • Aulia R R Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda
  • Chieka Putri Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda
  • Himmatul Miftah Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda
  • Siti Masithoh Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda

Keywords:

online market, perilaku konsumen, keputusan pembelian, komoditas pertanian online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari karakteristik konsumen pembelian komoditas pertanian secara online, mempelajari tahapan keputusan pembelian, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian komoditas pertanian secara online. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2022 di JABODETABEK. Data diperoleh dari responden yang berjumlah 60 responden dengan teknik penentuan responden yaitu nonprobability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji kuesioner diantaranya uji validitas dan uji reliabilitas serta uji hipotesis diantaranya analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji f, dan uji t. Variabel yang diteliti yaitu variabel keputusan pembelian (Y), kepercayaan (X1), kemudahan penggunaan (X2), dan gaya hidup (X3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen online market komoditas pertanian bervariatif yang diketahui dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, domisili, pendapatan, dan frekuensi pembelian selama dua tahun terakhir. Pertimbangan konsumen dalam membeli produk pertanian secara online yaitu harga yang ditawarkan. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel kepercayaan (X1), kemudahan penggunaan (X2), dan gaya hidup (X3) memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai f hitung sebesar 184.422. R square pada penelitian ini sebesar 90,8% dan t tabel sebesar 0,678. Variabel kepercayaan (X1) memiliki pengaruh secaraparsial (masing-masing) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung sebesar 6,626. Variabel kemudahan (X2) memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung sebesar 2,776. Variabel gaya hidup (X3) memiliki pengaruh secara parsial (masing-masing) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung besar 6,345.

Published

2023-05-30