Analisis Rantai Pasok dan Efisiensi Pemasaran Wortel Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 (Studi di Ud. Gizi Wortel, Kabupaten Semarang)

Authors

  • Dhoan Indrianto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tinjung Mary Prihtanti Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Kata kunci: rantai pasok, wortel, pandemi Covid-19, UD. Gizi Wortel

Abstract

Komoditas wortel di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, banyak diproduksi oleh petani. Tujuan penelitian untuk menganalisis rantai pasok dan efisiensi pemasaran wortel sebelum dan sesudah pandemi Covid-19, mengambil kasus pemasaran wortel dari suatu usaha UD. Gizi Wortel yang berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan menerapkan teknik wawancara mendalam kepada sejumlah informan yakni pemilik UD. Gizi Wortel, pedagang pasar, dan konsumen wortel. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran UD. Gizi Wortel mengalami perbedaan antara sebelum dengan saat adanya pandemi Covid-19. Saluran pemasaran wortel sebelum pandemi Covid-19 yaitu petani - UD. Gizi Wortel – Pasar (pasar luar negeri, pasar modern, dan pasar tradisional) – konsumen akhir. Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan saluran pemasaran wortel dari petani – UD. Gizi Wortel – Pedagang pasar – konsumen akhir.

Published

2023-05-30