Analisis Strategi Pengembangan Industri Tahu di Kota Salatiga Studi Kasus di CV. Sumber Karya Putra
Keywords:
Kata kunci : analisis SWOT, CV Sumber Karya Putra, industri tahu, strategi pengembanganAbstract
CV Sumber Karya Putra merupakan perusahaan swasta yang bergerak pada sektor makanan berupa tahu putih. Demi mengoptimalkan kinerja Sumber Karya Putra diperlukan pemilihan dan penerapan strategi yang sesuai dan tepat sasaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: (1) faktor yang menentukan keberhasilan industri tahu Sumber Karya Putra (2) faktor eksternal dan internal Sumber Karya Putra (3) strategi pengembangan industri tahu Sumber Karya Putra. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2022 sampai Januari 2023 dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive yaitu key informant (Aditya Sito Pamungkas), informant 1 (Wahyono), dan informant 2 (Bandi). Uji keabsahan data dengan metode triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang menentukan keberhasilan industri
tahu Sumber Karya Putra ialah; (1) kualitas produk yang bagus; (2) inovasi produk; (3) strategi pemasaran yang efektif; (4) sumber daya manusia dan (5) manajemen yang baik. Faktor internal yang memengaruhi strategi pengembangan dari variabel kekuatan yaitu lokasi strategis dan kualitas tahu bagus dengan skor 0,60 dan kelemahan terdapat pemasaran produk skala lokal dengan skor 0,45. Faktor eksternal untuk peluang yakni kepercayaan konsumen dan permintaan konsumen tinggi nilai skor 0,48 dan untuk ancaman terdapat isu lingkungan dan fluktuasi harga bahan baku kedelai dengan skor 0,36. Pengembangan industri tahu Sumber Karya Putra
menggunakan strategi SO (Strength-Opportunity), yakni mempunyai lokasi yang strategis dan kualitas tahu yang bagus dan sehat guna meningkatkan kepercayaan konsumen. Berdasarkan hasil diagram SWOT nilai IFAS sebesar 0,75 dan EFAS sebesar 0,64 yang menunjukkan Sumber Karya Putra berada pada kuadran 1 (progresif) yaitu tumbuh dan berkembang sehingga harus mengoptimalkan media sosial sebagai sarana promosi dan juga mengaplikasikan teknologi yang baru demi meningkatkan nilai produk.