Value Chain Agribisnis Jamur Merang (Volvariella volvacea) di Kabupaten Karawang
Keywords:
Kata kunci: jamur merang; value chain; efisiensi pemasaranAbstract
Jamur merang merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Karawang. Tingginya potensi Kabupaten Karawang sebagai sentra jamur di Provinsi Jawa Barat, ternyata di dalamnya masih menyisakan berbagai permasalahan mulai dari hulu sampai hilir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis value chain dan tingkat efisiensi pemasaran jamur merang di Kabupaten Karawang. Metode penelitian bersifat kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Pengumpulan data sekunder didapatkan dari Kantor Kecamatan Jatisari, UPTD Pertanian Kecamatan Jatisari, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, BPS Kabupaten Karawang, dan BPS Jawa Barat. Sampel sebanyak 60 diambil secara simple random sampling dan untuk sampel pedagang digunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku primer yaitu petani, pedagang pengepul/bandar, pedagang besar, pedagang pengecer, dan konsumen. Sedangkan pelaku sekunder yaitu kios saprodi/agro input, pembibitan, dinas pertanian, UPTD pertanian dan buruh tani. Terdapat 8 pola saluran pemasaran pada rantai nilai jamur merang. Ditinjau dari marjin pemasaran, keuntungan, farmer’s share, efisiensi pemasaran, semua saluran pemasaran dikategorikan efisien.