Analisis Kinerja pada Koperasi Unit Desa (KUD) Mojosongo Kabupaten Boyolali

Authors

  • Raden Kunto Adi Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Endang Siti Rahayu Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Heru Irianto Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Edi Paryanto Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

Kata kunci: kinerja, KUD, balance scorecard

Abstract

KUD di Kabupaten Boyolali dari jumlah cukup besar, akan tetapi secara kualitas KUD masih perlu ditingkatkan. Kualitas KUD dilihat dari kinerja KUD, sehingga dalam penelitian ini perlu dianalisis kinerja KUD Mojosongo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja KUD Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menganalisis data KUD Mojosongo selama 3 (tiga) tahun yaitu tahun 2019-2021. Penelitian ini dilakukan di KUD Mojosongo menggunakan metode analisis Balanced Scorecard. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode penentuan lokasi dan obyek penelitian (KUD Mojosongo) secara purposive. Penentuan KUD Mojosongo sebagai lokasi penelitian, dengan kriteria kinerja KUD Mojosongo masih perlu ditingkatkan, tergolong KUD aktif, melaksanakan RAT minimal 2 (dua) tahun terakhir, mempunyai sertifikat NIK (Nomor Induk Koperasi), dan jumlah anggota paling banyak di Kabupaten Boyolali. Penentuan nforman kunci dilakukan purposive yaitu pengurus KUD Mojosongo. Hasil penelitian menunjukkan dari total skor kinerja KUD dikatakan kinerja KUD Mojosongo adalah Baik. Kinerja KUD Mojosongo ditunjukkan dari empat aspek kinerja KUD, yaitu aspek finansial yaitu aspek laporan keuangan diperoleh total skor kinerja 43,5, dengan skor kinerja maksimal 55, diperoleh hasil kinerja dari aspek keuangan baik (79%), sedangkan aspek non finansial, yaitu aspek Kepuasan Pelanggan diperoleh total skor kinerja 4,5, dengan skor kinerja maksimal 15, diperoleh hasil kinerja dari aspek kepuasan pelanggan buruk (30%), aspek Proses Bisnis Internal diperoleh total skor kinerja 10, dengan skor kinerja maksimal 15, diperoleh hasil kinerja dari aspek proses bisnis internal baik (67%), dan aspek Pembelajaran dan Pertumbuhan diperoleh total skor kinerja 8, dengan skor kinerja maksimal 15, diperoleh hasil kinerja dari aspek pembelajaran dan pertumbuhan cukup baik (53%). Kinerja KUD Mojosongo, dengan total skor kinerja KUD sebesar 67, dengan skor kinerja maksimal sebesar 100, diperoleh Kinerja KUD Mojosongo dikatakan Baik (66%). Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan rekomendasi perbaikan kinerja KUD Mojosongo, sekaligus sebagai bahan kajian ke depan terkait dengan pengembangan KUD.

Published

2023-05-30