Penerapan Business Model Canvas sebagai Strategi Pengembangan Bisnis bagi UMKM Gula Aren Temon di Kabupaten Pacitan

Authors

  • Royyaa Shobaah Magister Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Heru Irianto Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Kusnandar Kusnandar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

business model canvas, UMKM, strategi pengembangan usaha

Abstract

Pengembangan sebuah perusahaan ataupun organisasi menjadi salah satu faktor penting
yang mendasari terciptanya keberhasilan usaha agar tetap mampu mempertahankan
produktivitasnya dalam jangka panjang. Setiap pelaku usaha termasuk UMKM juga perlu
memprioritaskan penerapan strategi bisnis guna menunjang proses pengembangan usahanya.
Perihal upaya pengembangan usaha ini dapat dilakukan melalui penerapan strategi model
bisnis seperti BMC (Business Model Canvas) untuk memperbaiki pengorganisasian serta
pengelolaan usaha. Selain itu, model ini menggambarkan mengenai cara yang dapat dilakukan
perusahaan untuk menciptakan nilai tambah pada produknya. Penelitian ini ditujukan untuk
mengidentifikasi dan memetakan bisnis UMKM Gula Aren Temon di Kabupaten Pacitan
melalui strategi model bisnis berupa Business Model Canvas (BMC). Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis BMC yang menggambarkan Sembilan blok
komponen dalam suatu usaha. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan
identifikasi usaha di UMKM Gula Aren Temon dengan sembilan elemen bisnis mulai dari
customer segment yang telah dikelompokkan berdasarkan jenis varian produk, value
proposition yang mengutamakan konsep green business hingga cost structure yang terdiri dari
biaya tetap juga biaya variabel untuk kebutuhan pelaksanaan usaha. Adanya penelitian ini dapat
digunakan sebagai acuan bagi UMKM Gula Aren Temon untuk menyusun strategi lanjutan
dalam upaya pengembangan bisnis.

Published

2023-05-30