Penerapan Business Model Canvas (BMC) Pada Coffee Shop Tempat Peraduan

Authors

  • Muhammad Usman Islachudin Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Mohamad Harisudin Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Erlyna Wida Riptanti Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

business model canvas, coffee shop

Abstract

Industri kopi yang semakin berkembang dapat menjadi peluang dalam suatu bisnis.
Coffee shop menjadi bisnis yang berkembang dalam menanggapi permintaan kopi. Tempat
Peraduan merupakan coffee shop yang berdiri di Tegal, dimana masyarakatnya cenderung
memiliki tradisi moci (meminum teh dalam poci). Tempat Peraduan sukses dan berkembang
dalam bisnisnya. Tujuan peneliti untuk mengetahui business model canvas (BMC) yang
diterapkan oleh coffee shop Tempat Peraduan. Pengambilan data dilakukan secara wawancara
mendalam, FGD dan observasi, dengan analisis sembilan elemen BMC. Hasil penelitian
menunjukkan kesembilan elemen BMC coffee shop Tempat Peraduan saling berkaitan dan
terintegrasi dengan baik, sehingga mampu bertahan dan berkembang dalam bisnisnya.

Published

2023-05-30