Systematic Literature Review : Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif
Keywords:
Media pembelajaran interaktif, Classpoint, hasil belajar kognitif, Tinjauan pustaka sistematisAbstract
Abstract: The transformation of learning in the 21st era focuses on technology to meet the skills needs of students, which include communication skills, critical thinking, creativity, and collaboration. Interactive learning media such as Classpoint is an essential tool that supports active learning with a wide range of features to create engaging and efficient learning experiences. The research method used is an inclusive and exclusive literature review in accordance with the goals to be achieved, so 3 relevant articles were obtained. Literature searches were conducted using Harzing’s Publish of Perrish consisting of google scholar and crossef with keywords such as “Classpoint”, “interactive learning media” and “cognitive learning outcomes”. The study was published between 2020-2025 which is the main focus of the research. The results of data collection from 1100 articles were selected in accordance with the inclusion and exclusion criteria consisting of the author’s name, year of publication, title and research results. The conclusion obtained is that Classpoint-based interactive learning media is effective in improving student engagement and learning outcomes in the 21st century, making it an important instrument in modern education.
Abstrak: Transformasi pembelajaran di era 21 fokus pada teknologi untuk memenuhi kebutuhan keterampilan siswa, yang mencakup keterampilan komunikasi, berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi. Media pembelajaran interaktif seperti Classpoint menjadi alat penting yang mendukung pembelajaran aktif dengan berbagai fitur untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur secara inklusif dan eksklusif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, maka didapatkan 3 artikel yang relevan. Pencarian literatur dilakukan menggunakan Harzing’s Publish of Perrish terdiri dari google scholar dan crossef dengan kata kunci seperti “Classpoint”, “interactive learning media” dan “cognitive learning outcomes”. Studi yang diterbitkan antara tahun 2020-2025 yang menjadi fokus utama dalam penelitian. Hasil pengumpulan data dari 1100 artikel diseleksi sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi lebih mendalam yang terdiri dari nama penulis, tahun terbit, judul dan hasil penelitian. Kesimpulan yang diperoleh bahwa Media pembelajaran interaktif berbasis Classpoint efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa di abad 21, menjadikannya instrumen penting dalam pendidikan modern.
References
Akhmadi, A. S., Sugiarti, Y., & Rahayu, D. L. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Elemen Olahan Hasil Hewani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 18(2), 225–238.
Istiqomah, S. (2024). Penerapan Media Presentasi ClassPoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Peserta Didik di MTsN 9 Jombang. Edu Aksara Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.10842750
Muliani, D. E., Azmi, K., Alius, M., Sulvayenti, A., & Amelia, L. (2024). The Influence of Classpoint Media on the Learning Motivation of Physics Education Study Program Students. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 7(1), 13–22. https://doi.org/10.37891/kpej.v7i1.484
Oktadela, R., Shalawati, S., Hadiyanti, P. O., Elida, Y., & Ismail, S. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Classpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMA-IT Imam Syafe’i Pekanbaru. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 128–131. https://doi.org/10.31004/dedikasi.v2i2.57
Putri, R. R., & Putri, S. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AI dan AR Melalui ClassPoint pada Materi Pencatatan dan Metode Persediaan. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 4(3), 44–55.
Rahayu, A. P., Septyanti, E., & ... (2025). Development of Interactive Learning Media Based on Classpoint in Argumentation Text for Class XI Senior High School Students. Jurnal PAJAR (Pendidikan …, 9(3), 381–392. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/86%0Ahttps://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/86/56
Rhiyanto, D. F. P., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 452–465. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Rohana, Octaria, D., Nopriyanti, T. D., Retta, A. M., Surmilasari, N., & Tanzimah. (2025). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Classpoint Ai Untuk Guru Sekolah Menengah. Jurnal PKM Linggau, 5(1), 33–42. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/pkml/article/view/813%0Ahttps://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/pkml/article/download/813/788
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Saingo, R. E., Oktoviana Bano, V., & Makatita, A. L. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Classpoint Dilengkapi Lks Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp N 7 Tana Righu. Jurnal Semnasdik, 2(1), 30.
Sawitri, J. I., Novita Br Karo Sekali, T., Mutiara Br Barus, C., Adinda Sahara, R., & Cantika Budi, V. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif. POTENSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 96–02. https://journal.feb.undaris.ac.id/index.php/PotensiAbdimas
Sundari, Hadiyani, D., & Muhlis, I. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1–9.
Yanti, A., Puspitasari, R., Tadris, J., & Pengetahuan, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Classpoint Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ips. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(4), 410–422.
Yessi, M. (2025). Pemanfaatan LKPD Berbasis Kontekstual Berbantuan ClassPoint dalam Pembelajaran IPA yang Bermakna dan Menggembirakan. NISA : Natural Insight in Sciience and Applied, 1(2), 65–80.
Zaenab. (2023). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran interaktif classpoint. Jurnal Oase Nusantara, 2(1), 13–23.