E-modul berbasis Book Creator Untuk Meningkatkan pemahaman Konsep: Systematic Literatur Review
Keywords:
E-Modul, Book Creator, Pemahaman KonsepAbstract
Abstract:. Learning innovation is increasingly supported by advances in digital technology, particularly in facilitating the understanding of complex concepts. The purpose of this literature review is to analyze in depth the extent to which the use of e-modules created with Book Creator can be an effective solution in improving conceptual understanding among students. This study applies a systematic literature review (SLR) approach by collecting data from leading databases such as Crossref and Google Scholar. We screened 1,100 available articles, and after a rigorous selection process based on inclusion and exclusion criteria (including title, abstract, and content), we obtained three relevant articles. Based on these findings, we conclude that the Book Creator e-module has significant potential to be implemented in the teaching and learning process to improve conceptual understanding skills. Thus, this study recommends further development and testing, particularly in the field of science education.
Abstrak: Inovasi pembelajaran kini semakin didukung oleh kemajuan teknologi digital, terutama untuk mempermudah pemahaman konsep yang kompleks. Tujuan dari tinjauan pustaka ini adalah untuk menganalisis secara mendalam sejauh mana penggunaan e-modul yang dibuat dengan Book Creator dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep di kalangan pelajar. Penelitian ini menerapkan pendekatan systematic literatur review (SLR) dengan mengumpulkan data dari database terkemuka seperti Crossref dan Google Scholar. Kami menyaring 1100 artikel yang tersedia, dan setelah proses seleksi yang ketat berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi (termasuk judul, abstrak, dan konten), kami mendapatkan 3 artikel yang relevan. Berdasarkan temuan ini, kami menyimpulkan bahwa e-modul Book Creator memiliki potensi signifikan untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar demi meningkatkan keterampilan pemahaman konsep. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan dilakukannya pengembangan dan uji coba lebih lanjut, khususnya dalam bidang pendidikan sains.
References
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431
Anjarwati, A. A., Primiani, C. N., & . P. (2021). Penyusunan E-Modul Sistem Imun Kelas XI Berbasis Potensi Alam Lokal menggunakan Aplikasi Book Creator pada Masa Pandemi. Prosiding Sains Nasional Dan Teknologi, 1(1), 115–121. https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.5099
Elsita Lisnawati Guntar, I Made Agus Oka Gunawan, & Ida Ayu Oka Purnami. (2024). Teacher Empowerment: Engaging E-Modules with Book Creators. International Journal of Community Service Learning, 8(4), 355–363. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.84851
Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
Fadhila Eka Meyliana, & Hendra Pratama. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Book Creator pada Materi Sebaran Flora dan Fauna Dunia Kelas XI SMA Negeri 1 Gondang. SOSIAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 3(3), 326–340. https://doi.org/10.62383/sosial.v3i3.1081
Juliana, I., & Sulistyowati, R. (2023). Pengembangan e-modul interaktif berbasis aplikasi book creator mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XII BDP SMK PGRI 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 328–334. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n3.p328-334
Julita, & Dheni Purnasari, P. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460
Larasati, R. S., & Rukmana, D. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) pengembangan e-modul book creator berbasis pendekatan saintifik dan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran ipa siswa kelas iv sekolah dasar. else (elementary school education journal), vol. 8 no,(pengembangan e-modul book creator berbasis pendekatan saintifik dan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran ipa siswa kelas iv sekolah dasar), 21–31. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd
Nuraini, Hartatiana, & Wardani, A. K. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Problem Based Learning Materi Bentuk Aljabar. Eksponen, 14(1), 30–39. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.855
Nurhidayah, & Usiono. (2024). Metode Systematic Literature Review Untuk Pentingnya Karya Ilmiah Dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Sains Student Research, 2(6), 380–387. https://www.ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/2987
Qomara, D. A., Wijayanto, A., & Agustina Nurlaila Eka Erfiana, N. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Book Creator Untuk Optimalisasi Pembelajaran Ipas Materi Harmoni Ekosistem. Ibriez Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 245–260. https://doi.org/10.21154/ibriez.v9i2.612
R.Roro Rastrani Rahada Putri, Kaspul, K., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 93–104. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.46
Sanjaya, P. A. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berdiferensiasi Menggunakan E-Module Berbasis Book Creator. PRODIKSEMA I Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial “Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Sebagi Sumber Pendidikan Karakter Di Era Disrupsi,” 52–60.
Sanjaya, P. A., Made Pageh, I., & Suastika, I. N. (2023). Bahan Ajar E-Modul Book Creator untuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 410–421.
Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492