Analisis Bibliometrik Project Based Learning dalam Studi Literasi Penelitian Pendidikan Fisika
Keywords:
project based learning, fisika, bibliometrik, VOSviewerAbstract
Abstract: Bibliometric analysis is a popular method for exploring and analyzing a number of scientific data. Bibliometric analysis is a quantitative method for analyzing bibliographic data in articles/journals. This article is a bibliometric analysis using Scopus indexed journals about project based learning using the VOSviewer application. The purpose of bibliometric analysis in this study is to determine the development of studies related to project based learning in physics education. Data were collected from the Scopus database using the keyword "project based learning". Then the author used VOSviewer software to analyze and visualize the database obtained. The results of the study showed that publications on project based learning during the 2015-2025 period showed the highest Scopus index occurred in 2024, reaching 67 publications. The countries that published the most project based learning articles were the United States. Bartelli, S is a researcher who has the greatest productivity, namely 3 publications.
Abstrak: Analisis bibliometrik adalah metode yang populer untuk mengeksplorasi dan menganalisis sejumlah data ilmiah. Analisis bibliometric merupakan sebuah metode kuantitatif untuk menganalisis data bibliografi yang ada di artikel/jurnal. Artikel ini merupakan analisis bibliometrik yang menggunakan jurnal terindeks scopus tentang project based learning dengan menggunakan aplikasi VOSviewer. Tujuan analisis bibliometrik dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kajian terkait project based learning dalam pendidikan fisika. Data dikumpulkan dari database Scopus dengan menggunakan kata kunci “project based learning” Kemudian penulis menggunakan software VOSviewer untuk menganalisis dan memvisualisasikan database yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa publikasi tentang project based learning selama periode 2015-2025 menunjukkan indeks Scopus tertinggi terjadi pada tahun 2024 yang mencapai 67 publikasi. Negara-negara yang menerbitkan artikel project based learning paling banyak adalah United States. Bartelli, S merupakan peneliti yang memiliki produktivitas terbesar yaitu sebanyak 3 publikasi.
References
Aulianto, Dwi Ridho, Pawit Yusup, and Yanti Setianti. 2019. “Pemanfaatan Aplikasi ‘ Publish Or Perish ’ Sebagai Alat Analisis Sitasi Pada Pemanfaatan Aplikasi ‘ Publish Or Perish ’ Sebagai Alat Analisis Sitasi Pada Jurnal Kajian Komunikasi Universitas Padjadjaran.” (July).
Bibliometrik, Analisis, Perkembangan Penelitian, and D A N Publikasi. 2022. “Analisis Bibliometrik: Perkembangan Penelitian Dan Publikasi Mengenai Koordinasi Program Menggunakan Vosviewer.” 9(1): 1–8.
Effendy, Femmy, Vanessa Gaffar, Ratih Hurriyati, and Heny Hendrayati. 2021. “PENGGUNAAN PEMBAYARAN SELULER DENGAN VOSVIEWER.” 16: 10–17.
Novianto, Nur Kholis, Mohammad Masykuri, and Sukarmin Sukarmin. 2018. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Sma/ Ma.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 7(1): 81. doi:10.20961/inkuiri.v7i1.19792.
Prameswari, Andini, and Wahyudi Wahyudi. 2019. “Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Model Project Based Learning Ditinjau Dari Katerampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA Panca Bhakti Pontianak.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya 2(2): 25–30.
Purba, Andre Agachi, Antonius Yudha Sefa Sitanggang, Jelita Panjaitan, and Rameyanti Tampubolon. 2023. “PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA SWASTA PAMASTA TANJUNG MORAWA 2022.” Jurnal Penelitian Fisikawan 6(1): 1. doi:10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i1.2691.
Qadafi, Moammar, Jamaluddin, and Andriyani Hastuti. 2022. “Qadafi, M., & Hastuti, A. (). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Sma Tgh Umar Kelayu Tahun Ajaran 2021/2022. , 5(2), 223-228.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 5(2): 223–28. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1604.
Retno, Noorika, and Abdurrakhman Prasetyadi. 2018. “Tingkat Kolaborasi , Produktivitas Penulis Dan Artikel Metrik Pada Jurnal Mechatronics , Electrical Power , and Vehicular Technology.” 14(1). doi:10.22146/bip.33408.
Wahyu, Rahma. 2016. “Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Ditinjau Dari Penerapan Kurikulum 2013.” Teknoscienza 1(1): 49–62.
Winoto, Yunus. 2018. “Analisis Bibliometrika Tingkat Kolaborasi , Produktivitas Penulis , Serta Profil Artikel Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Tahun 2014-2018.” 3(1): 1–15.
Yulianingsih, Siti, Dadang Kurnia, and J Julia. 2020. “Pemetaan Sistematik Dalam Topik Kajian Problem Posing Berdasarkan Analissis Bibliometrik.” 3(2).