Pengembangan Lembar Kerja Komik Berbasis Android untuk Menumbuhkan Kreativitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Lembar Kerja Komik, Android, Kreativitas belajar, Hasil BelajarAbstract
Abstract: Education in the 4.0 industrial revolution demands teacher creativity in concocting creative and interesting learning activities, especially the use of digital media (gadgets) which are often misused by students. Comic worksheets based on Android are an alternative solution that can be used to solve the problem of using gadgets in students and can add variations to the worksheets that teachers often use in teaching. The purpose of this study was to determine the growth of student learning creativity and the improvement of student learning outcomes after using Android-based comic worksheets in science learning. The design used in this study was a one-group pretest-posttest design, while the development of an Android-based comic worksheet used the 4D model which consisted of 4 stages, namely Define, Design, Develop and Disseminate. Comic worksheets based on Android were tried out in class 9E SMP Negeri 5 Bojonegoro, which consisted of 32 students. Android-based comic worksheet assisted learning has been able to foster student learning creativity with a growth percentage of 82.3% and an increase in learning outcomes with an average N-gain of 0.76 in the high category so it can be concluded that Android-based comic worksheet assisted learning Able to foster student learning creativity and improve student learning outcomes.
Abstrak: Pendidikan pada revolusi industry 4.0 menuntut kreativitas guru dalam meramu kegiatan pembelajaran yang kreativ dan menarik, terutama pemanfaatan media digital (gadget) yang sering disalahgunakan oleh siswa. Lembar Kerja Komik Berbasis Android merupakan alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalah penggunaan gadget pada siswa dan dapat menambah variasi lembar kerja yang selama ini sering digunakan guru dalam mengajar. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui pertumbuhkan kreativitas belajar siswa dan peningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Komik Berbasis Android dalam pembelajaran IPA. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design, sedangkan pengembangan Lembar Kerja Komik Berbasis Android mengunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Lembar Kerja Komik Berbasis Android telah diuji cobakan di kelas 9E SMP Negeri 5 Bojonegoro yang terdiri dari 32 siswa. Pembelajaran berbantuan Lembar Kerja Komik Berbasis Android telah mampu menumbuhkan kreativitas belajar siswa dengan prosentase pertumbuhan sebesar 82,3% dan mengalami peningkatan hasil belajar dengan rata-rata N-gain sebesar 0,76 berkategori tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan Lembar Kerja Komik Berbasis Android mampu menumbuhkan kreativitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Enawati, E., & Sari, H. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Pontianak Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 24–37. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v1i1.163.
Hake. (1999). Analyzing change/gain scores. (Online). Tersedia http://www.physicsindiana.edu/sdi/Analyzing Change_Gain.pdf.
Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96.
Iofciu, Florentina, et al. (2012). “Constructivist approach of evaluation strategies in science education”. Social and Behavioral Sciences. Vol 31, p292 – 296.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Melisa, A., Ahmad, P., & Murtiani, F. (2013). Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Dalam Pembelajaran Problem Based Instruction Materi Gelombang Bunyi Dan Optika Di Kelas Viii Smpn 3 Bukittinggi. Pillar Of Physics Education, 2, 137–144.
Milan Mc and Schumacher. (2001). Research in Education. London: Longman.
Munandar, Utami. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Thiagarajan, S. Semmel, Doroty S, Semmel. Melvyn I. (1974). Instructional Development For Training Theacher Of Exceptional Children. Washington, DC: National Center Improvement Educational.
Putri, C. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akt Smk Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Interve. Economic Education Analysis Journal, 2(2).
Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43-48.
Sahida, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Creative Thinking Skill Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 9. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/145.
Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37. https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47.
Saputro, A. D. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media. Muaddib, 05(ISSN 2088-3390), 01.
Slavin, E. R. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kesembilan, Jilid 1. Jakarta Barat: Indeks.
Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi Pq4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1).