Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Surakarta Materi Pengukuran
Keywords:
KPS, Instrumen, PengukuranAbstract
Abstrak: Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan suatu ketrerampilan yang penting dikembangkan dalam pelajaran IPA karena mampu menemukan suatu pengetahuan dengan cara yang ilmiah dimana melalui KPS unsur sikap, produk dan aplikasi akan didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau profil KPS siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Surakarta pada pembelajaran pengukuran. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes, non tes dan wawancara. Teknik tes untuk mendapatkan data nilai KPS. Instrumen yang digunakan berupa 6 soal KPS. Sampel berjumlah 90 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik non tes berupa angket terkait pembelajaran, bahan ajar, kendala dan harapan dalam pelajaran IPA dengan responden seluruh kelas VIII sebanyak 180 siswa. Wawancara dilaksanakan kepada 3 guru IPA terkait pembelajaran, bahan ajar, kendala dan harapan dalam pelajaran IPA. Hasil tes KPS kategori tinggi hingga sangat tinggi sebanyak 18,8%, sangat rendah hingga sedang sebanyak 81,2%. Terkait bahan ajar sebanyak 95% siswa tidak memiliki bahan ajar lain selain BSE, 88,5% siswa membutuhkan bahan ajar yang lengkap agar bisa digunakan sebagai panduan belajar di rumah, 66,8% siswa memilih dalam bentuk digital/online. Terkait pelaksanaan pembelajaran 65,9% siswa menginginkan pembelajaran berbasis aktifitas dan praktik. Hasil wawancara yang didapat sebanyak tiga responden menyatakan memiliki bahan ajar pendamping selain BSE berupa buku cetak ngan penerbit Erlangga. Ketiga responden masih mendominasi sebagai subjek pembelajaran sehingga minim aktifitas siswa. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya waktu yang tersedia dan harapannya tersedia bahan ajar yang sesuai dengan karakter IPA, mudah diakses dan bisa dijadikan panduan siswa belajar di rumah.
References
Adnan, I., & Sufian H. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Penelitian. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Dilek, H., Taşdemir, A., Konca, A. S., & Baltaci, S. (2020). Preschool Children’s Science Motivation and Process Skills during Inquiry-Based STEM Activities. Journal of Education in Science, Environment and Health, 6(2), 92–104. https://doi.org/10.21891/jeseh.673901
Dwianto, A., Wilujeng, I., Prasetyo, Z. K., & Suryadarma, I. G. P. (2017). The development of science domain based learning tool which is integrated with local wisdom to improve science process skill and scientific attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.7205
Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis of science process skills in senior high school students. Universal Journal of Educational Research, 8(4 A), 15–22. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081803
Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains ( Kps ) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 49–54.
McComas, W. F. (2002). The Nature of Science in Scince Education Rationales and Strategies. Kluwer Academic Publishers.
Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 04(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101
Rahayu, S., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi. Natural Science Education Research, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8389
Renol Afrizona), Ratnawulanb), dan A. F. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix Mtsn Model Padang Pada Mata Pelajaran Ipa-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (22), 1–16. http://www.undana.ac.id/jsmallfib_top/
Suyatman, Saputro, S., Sunarno, W., & Sukarmin. (2021). Profile of student analytical thinking skills in the natural sciences by implementing problem-based learning model. Journal of Educational, Cultural and Psychological Studies, 2021(23), 89–111. https://doi.org/10.7358/ecps-2021-023-suya
AdnanIndra Muchlis, sufian H. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Penelitian. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
DİLEK, H., TAŞDEMİR, A., KONCA, A. S., & BALTACI, S. (2020). Preschool Children’s Science Motivation and Process Skills during Inquiry-Based STEM Activities. Journal of Education in Science, Environment and Health, 6(2), 92–104. https://doi.org/10.21891/jeseh.673901
Dwianto, A., Wilujeng, I., Prasetyo, Z. K., & Suryadarma, I. G. P. (2017). The development of science domain based learning tool which is integrated with local wisdom to improve science process skill and scientific attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.7205
Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis of science process skills in senior high school students. Universal Journal of Educational Research, 8(4 A), 15–22. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081803
Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains ( Kps ) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 49–54.
McComas, W. F. (2002). The Nature of Science in Scince Education Rationales and Strategies. Kluwer Academic Publishers.
Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 04(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101
Rahayu, S., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi. Natural Science Education Research, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8389
Renol Afrizona), Ratnawulanb), dan A. F. (2012). PENINGKATAN PERILAKU BERKARAKTER DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MTsN MODEL PADANG PADA MATA PELAJARAN IPA-FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION Renol Afrizon. 1(22), 1–16. http://www.undana.ac.id/jsmallfib_top/JURNAL/PENDIDIKAN/PENDIDIKAN_2012/PENINGKATAN PERILAKU BERKARAKTER DAN KETERAMPILAN BERPIKIR.pdf
Suyatman, Saputro, S., Sunarno, W., & Sukarmin. (2021). Profile of student analytical thinking skills in the natural sciences by implementing problem-based learning model. Journal of Educational, Cultural and Psychological Studies, 2021(23), 89–111. https://doi.org/10.7358/ecps-2021-023-suya