Penerapan Model Probing Prompting untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Muatan IPA

Authors

  • Tri Wiyoko Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Jl.
  • Yesi Mikasari Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fak. KIP Universitas Muhammadiyah

Keywords:

Proses, Hasil Belajar, IPA, Probing Prompting

Abstract

Abstract: This research was motivated by the low level of science learning processes and outcomes obtained by students in class V of SDN 219/II BTN Lintas Asri. The aim of the research is to describe the improvement of science learning processes and outcomes using the Probing Prompting model assisted by class V image media at SDN 219/II BTN Lintas Asri. This research is classroom action research carried out in two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection stages. The research subjects were 16 class V students. Data were collected using observation sheets and learning results tests, then data analysis using qualitative and quantitative analysis. The results of the research show that the application of the Probing Prompting model improves the science learning process and outcomes of students in class V. The results of student observations in cycle I were 9 students in the good category and this increased in cycle II to 15 students in the good category. Furthermore, the completeness of student learning outcomes in cycle I was 72.5%, increasing in cycle II by 93.75%. Thus, the application of the probing prompting model can improve the science learning process and outcomes in class V elementary school.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya proses dan hasil belajar IPA yang diperoleh peserta didik di kelas V SDN 219/II BTN Lintas Asri. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar IPA menggunakan model Probing Prompting berbantu media gambar kelas V SDN 219/II BTN Lintas Asri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakasanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas V sebanyak 16. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Probing Prompting meningkatkan proses dan hasil belajar IPA peserta didik dikelas V. Hasil observasi peserta didik pada siklus I sebesar 9 peserta didik berkategori baik dan meningkat di siklus II sebanyak 15 peserta didik yang berkategori baik. Selanjutnya ketuntasan hasil belajar peserta didik di siklus I sebesar 72,5% meningkat di siklus II sebesar 93,75% Dengan demikian penerapan model probing prompting dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA dikelas V SD. 

References

Andrian, A., & Desnita, D. (2023). Komparasi Kemampuan Menjawab Pertanyaan Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Nht Dan Stad. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 9(1), 147. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14722

Apriyanti, E., Amaliah, W., Ndia, D. E., & Patompo Makassar, U. (2022). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Biology and Education Journal, 2(2), 44–54. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/baej.2022.11511

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Busthomi, Y. (2018). Faktor Utama Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menguasai Standar Kompetensi. Jurnal Pusaka, 5(2), 71–87. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/132

Emmanuella, T., Adhitya, I., & Chrismastianto, W. (2023). Penggunaan Metode Diskusi untuk Mengupayakan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. 1(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/dil.v5i1.6328

Fifadhilni, S. M. (2022). Teknik Kombinasi: Metode Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab. Unpublished Manuscript, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesis, Universitas Riau, Riau., 1–7.

Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Rahmat, S. K., & Arham, H. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik pada Materi Peluang. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 27. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5542

Roikhatun, H., & Imah, N. ’. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMPN 2 BALEN BOJONEGORO. Bapala, 8(05).

Setiawan, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15963

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-13