Analisis Kebutuhan Pengembangan Metode Project-Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik

Authors

  • Arin Khoirul Hidayah Program Studi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
  • Sentot Budi Rahardjo Program Studi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret
  • Sulistyo Saputro Program Studi S2 Pendidikan Sains Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Pengembangan Metode Pembelajaran, Project Based Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Abstract. The aim research is to analyze the need for developing the Project Based Learning (PjBL) method in increasing students' learning motivation using type of development Research and Development (RnD). The subjects in this research consisted are teacher and students. Meanwhile, the research object is PjBL-based e-modules in science and technology project subjects. This research was carried out at SMKN 1 Ngrayun Ponorogo which is located at Dukuh Krajan, Desa Binade, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, East Java. In data collection activities, researchers used non-test methods. Data collections will be carried out by conducting interview and giving questionnaires to teachers as well as observing and giving questionnaire to student. Based on the data obtained, teachers are less varied in using teaching materials that makes learning process to be less effecient, and effective, and has not been to increase students' learning motivation. Therefore, teacher and students give a statements that the development of PjBL-based E-Module teaching materials was interesting and needed to be developed. By carrying out this needs analysis, it is hope that it’ll be possible to recognize the needs of students and teachers in learning and the development of this teaching material is expected to help students and teachers in increase student learning motivation.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis kebutuhan pengembangan metode Project Based Learning (PjBL) dalam memberikan peningkatan pada motivasi belajar peserta didik. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Reseacrh and Development (RnD) dengan subjek guru dan peserta didik. Sedangkan objek penelitian yakni E-Modul berbasis PjBL pada mata pelajaran Projek IPAS. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Ngrayun Ponorogo yang beralamatkan di Dukuh Krajan, Desa Binade, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Penelitian dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi dan angket untuk mengumpulkan data. Berdasarkan data yang diperoleh, guru belum banyak menggunakan variasi bahan ajar sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien serta belum dapat memberikan peningkatan pada motivasi peserta didik. Sehingga, guru dan peserta didik berpendapat bahwa pengembangan bahan ajar elektronik berbasis PjBL sangat menarik dan perlu dikembangkan. Dengan melakukan analisis kebutuhan ini diharapkan dapat diketahui kebutuhan belajar peserta didik dan guru serta pengembangan bahan ajar tersebut dapat memberikan bantuan pada peserta didik dan guru dalam memberikan peningkatan pada motivasi belajar peserta didik.

References

Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2021). E-Modul IPAdengan Model STEM-PjBLBerorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120–133.

Eny Kusumawati. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Jenjang Sekolah Dasari di SD AL-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886–893.

Ismail, R., Rifma, & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PjBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 958–965.

Putri, Y. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(2), 168–174.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur - Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa : Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–7.

Restu Rahayu, Rita Rosita, Yaya Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–8319.

Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook Pada Materi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan STEM-PjBL Berbantuan Video Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(02), 234–250.

Sani, R. A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarti, B. M., & Agustina, W. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (PJBL). Prosiding Seminar Nasional Ikip Budi Utomo, 2(01), 1–9.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.

Yola Dewi Putri, Rina Elvia, & Hermansyah Amir. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. ALOTROP : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(2), 168–174.

Yusuf, A. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Downloads

Published

2024-12-13