Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis SiswaKelas VIII pada Materi Sistem Pernafasan
Keywords:
Berpikir Kritis, Problem Based Learning, ELKPDAbstract
Abstract: The background of this development research is that the LKPD teaching materials used to support learning activities do not meet the 21st century criteria and have not been able to hone students' critical thinking skills. LKPD is not based on problem solving and utilizing electronic media. This study aims to determine the feasibility, practicality and effectiveness of electronic worksheets on respiratory system material. This research is a Research and Development (R&D) study, using the Lee & Owens design with ADDIE stages. Data collection techniques using questionnaires and tests. Data analysis techniques in the form of quantitative and qualitative. The validation results by material experts and media experts stated that the E-LKPD was very valid with a validity of 88.33% and 95.58%, respectively. Based on the results of the teacher's assessment, the very good category was obtained with a percentage of 89.33% in the very good category. The results of the student response questionnaire showed a percentage of 94.26% in the very good category. The effectiveness of the E-LKPD after being implemented showed that students' critical thinking skills increased with an N-gain score of 0.56 which was included in the medium category. The conclusion is that Problem-Based Learning-based E-LKPD can be used as a learning media as an effort to improve students' critical thinking skills in science learning, especially material on the respiratory system.
Abstrak: Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar LKPD yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar belum memenuhi kriteria abad 21 dan belum mampu mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik. LKPD belum berbasis pemecahan masalah dan memanfaatkan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD elektronik pada materi sistem pernafasan. Penelitian ini merupakan penelitian Riset and Development (R&D), menggunakan desain Lee & Owens terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data berupa kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menyatakan E-LKPD sangat valid dengan validitas berturut-turut sebesar 88,33% dan 95,58% dengan kategori layak digunakan. Berdasarkan Hasil penilaian guru diperoleh kategori sangat baik dengan persentase 89,33% dalam kategori sangat baikdn layak secara praktik. Hasil angket respon peserta didik menunjukan persentase 94,26 % dengan kategori sangat baik sehingga ELKPD baik digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan E-LKPD setelah diterapkan menunjukan kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat dengan diperoleh skor N-Gain 0,56 yang termasuk kategori sedang. Kesimpulan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran sebagai upaya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA, khususnya materi sistem pernafasan.
References
A., N. Sobron. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dn Multikulturalisme.Vol.1 (2):2.
Amini,R,. Yanti, F,. Yullys,H. Sry, E,. H,. M,. L,. (2019) Integrated Thematic Teaching Materials Using Problem Based Learning Strategi in Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research.382:442-445.
Arikunto, S. 2010. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan . Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti. 2018. Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem Based Learning) untuk Menngkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia.Jurnal Pendiikan Kimia.Vol (1) 2.
Chairani, R. P., & Muchlis. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI di MAN 1 Sidoarjo. Unesa Jurnal of Chemical Education, Vol 8, No 1, pp. 16 -21.
Ernawati, I., & Totok, S. 2017. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran Administrasi Server . Electronics, nformatics, and Vocational Education.Vol 2 (2).
Fathurrohman & Sulistyorini. (2018). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Kalimedia
Gunantara, Suarjana, & Riastini, N . 2014. Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Vol 2. No 1.
Haerunisa, H., Yani., & Andani, C. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Worksheet Mata Kuliah Biologi Lanjut untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Biotek. 6 (2). 96.
Husnidar . 2014. Penerapan Model Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Jurnal DidaktikMatematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Syah Kuala.1 (1):76.
Karakoc, M. 2016. The Sgnificance of Critical Thinking Ability in Term of Education. International Journal of HHumanities and Social Science. Vol 6.No.7, pp. 81-84.
Lee, W.W. & Owens, D. L. 2004. Multimedia –Based Instructional Design. California: Pfeiffer.
Lestari, S., Suanto., S. Setiawan, D. 2020. The Effectiveness of PBL Assisted by Digital Storytelling Media toward Science Literacy and Ctitical Thinking Skill.Journal of Primary Education.9(4).Hal 329-341.
Munika.2021. E-LKPD Berbasis Problem Base Learning Disertai Kuis Interaktif Matematika untuk Menngkatkan Kemapuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris Matematika 4(2).201-214.
Prasetyo, I. 2020. Teknik Analisis Data dalam Research and Development. Jurnal Jurusan PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta.Vol 1.Hal 1-10.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogakarta: Diva Press.
Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Pofesional. Vol 5. No 3,pp. 340-349.
Wati, R.T., & Yuliani.2020. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Submateri Transpor Membran untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Bioedu.Vol 9. No 1, pp. 340-349.