Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa
Keywords:
Hasil Belajar, Kooperatif, Media Gambar, Think Pair Share (TPS)Abstract
Abstract: This research aim to improve learning outcomes by implementation of cooperatif learning type Think Pair Share (TPS) that used picture media on SMPN 25 Pekanbaru academic year 2012/2013 which amounted 40 students that consist of 21 boys and 19 girls. This research is a classroom action research which took place in April to Mei 2013. Parameter measured were student learning outcomes in the form of absorption and completeness of student learning. Data analysis technique used in the technique of data analysis descriptive and inferential, which aims to determine how much of the increase that occurred in students learning after the implementation of TPS using picture media. Absorption data acquisition before CAR was 71,12% in the category of less, and an increase in the I cycle by 10,2% to 81,32% with pretty category and in the second cycle increased by 6,58% to 87,90% in good categories. Classical completeness students before CAR was 55% with less category, the cycle I increased by 22,5% to 77,5% with pretty category and the second cycle increased by 20% to 97,50% with very good category. Absorptive capacity for the acquisition of psychomotor before CAR was 75,72% and the cycle I increased by 2,75% to 78,47% with pretty category, on the second cycle increased by 2,17% to 80,64% with pretty category. Application of cooperative learning type of Think Pair Share (TPS) learning using the picture media can improve learning outcomes VII6 student biology SMPN 25 Pekanbaru academic years 2012/2013.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII6 SMPN 25 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 orang siswa dengan 21 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2013. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan inferensial, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan yang terjadi pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran TPS dengan menggunakan media gambar. Perolehan data daya serap sebelum PTK adalah 71,12% pada kategori kurang, dan terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 10,2% menjadi 81,32% dengan cukup dan pada siklus II meningkat sebesar 6,58% menjadi 87,90% pada kategori baik. Ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK adalah 55% dengan kategori kurang sekali, pada siklus I meningkat sebesar 22,5% menjadi 77,5% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat sebesar 20% menjadi 97,50% dengan kategori amat baik. Perolehan daya serap untuk nilai KI sebelum PTK adalah 75,72% dan pada siklus I meningkat sebesar 2,75% menjadi 78,47% dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat sebesar 2,17% menjadi 80,64% dengan kategori cukup. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII6 SMPN 25 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013.
References
Ali, M. 2009. Paradigma Belajar IPA Biologi. http://nizamudishamazia.wordpres.com. Diakses 11 Febuari 2012.
Arikunto, S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Benniyan .2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIB SMPN 3 Benai Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau: Pekanbaru.
Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elfis. 2010a. Alur PTK. Available at http://elfisuir.blogspot.com. (Diakses 20 Maret 2012).
Elfis. 2010b. Bahan Ajar Cetak. http://elfisuir.blogspot.com/2010/01/bahan-ajar-cetak.html. (Diakses 20 Maret 2012).
Elfis. 2010c. Hubungan Antara Konstruktivisme dengan Pendekatan Kontekstual. Available at http:// elfisuir. blogspot.com.html. (Diakses 20 Maret 2012).
Elfis. 2010d. Teknik Analisis Data. Available at. http://elfisuir/blogspot.com/2010/01/teknik analisis data.html. (Diakses 20 Maret 2012).
Ibrahim, dkk. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar, D. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Gambar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII5 SMPN 29 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau: Pekanbaru.
Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lie, A. 2008. Mempraktekkan Cooperatif Learning di ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Minirianti, R. 2011 Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 4 Kampar Kiri Hilir Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau. Pekanbaru.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, A. 2008. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Bandung: Rineka Cipta.
Slavin, R.E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2011. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka