Literature Review: Strategi Integrasi Konten Agama dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Berbasis Islam
Keywords:
Integrasi, Konten Agama, Pembelajaran IPAAbstract
Abstract: Science is a process of discovering what is taught with the concept of integration. Integration in science includes biology, physics, chemistry and space. Science can also be combined with religious knowledge. The dimensions of the Pancasila student profile teach religious character. Religious character in students is developed through the integration of science with religious content. This study aims to determine strategies for integrating religious content in science learning in Islamic-based schools. The method used is a Systematic Literature Review by analyzing 20 articles in the form of accredited journals and seminar proceedings from Google Scholar with a period of 2019-2023. The research results show that the trend of integrating religious content in science learning has been ongoing but has decreased due to the Covid-19 pandemic. The strategy for integrating religious content in science learning is carried out through media and learning models. Integration of religious content through print and non-print media using modules, teaching materials, LKPD, book posters, Learning Management System, E-Book Mobile Learning, powtoon, E-module, and augmented reality engineering applications. The learning models used to integrate religious content include guided inquiry, Islamic integrated learning, problem based learning, and 5E learning cycle.
Abstrak: IPA merupakan sebuah proses untuk menemukan yang diajarkan dengan konsep keterpaduan. Keterpaduan dalam IPA meliputi biologi, fisika, kimia, dan bumi antariksa. IPA juga dapat dipadukan dengan ilmu agama. Dimensi profil pelajar pancasila mengajarkan karakter religius. Karakter religius pada siswa ditumbuhkan melalui integrasi sains dengan konten agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi integrasi konten agama dalam pembelajaran IPA di sekolah berbasis Islam. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan menganalisis 20 artikel berupa jurnal terakreditasi maupun prosiding seminar dari google scholar dengan rentang waktu 2019-2023. Hasil penelitian menunjukkan tren integrasi konten agama dalam pembelajaran IPA sudah berlangsung namun mengalami penurunan akibat adanya pandemic covid-19. Strategi integrasi konten agama dalam pembelajaran IPA dilakukan melalui media dan model pembelajaran. Integrasi konten agama melalui media cetak maupun non cetak menggunakan modul, bahan ajar, LKPD, poster buku, Learning Management System, E-Book Mobile Learning, powtoon, E-modul, dan aplikasi rekayasa augmented reality. Model pembelajaran yang digunakan untuk integrasi konten agama meliputi inkuiri terbimbing, pembelajaran terintegrasi islam, problem based learning, dan learning cycle 5E.
References
Agusti, D., Rahmatan, H., & Sulastri. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Reproduksi Berazaskan Al-Quran/Hadis untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Edusains, 11(1), 132–140. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.10270
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 484–501.
Ayu, D. G., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2019). Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama Pada Pembelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 65–74. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3088
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover
Fajar, D. M., & Habibbulloh, M. (2021). Pengembangan Modul IPBA Materi Sistem Bumi-Bulan Berbasis Integrasi Sains-Islam. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 126–140. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11796
Febriyanto, T., Dityasari, A., & Kartika, I. (2023). Sains-Teknologi-Islam-Masyarakat (STIM) Sebagai Inovasi Pembelajaran IPA Terintegrasi-Interkoneksi. Prosiding Konferensi Interkoneksi Islam Dan Sains, 5, 89–95.
Hevia, F. J., Vergara-Lope, S., Velásquez-Durán, A., & Calderón, D. (2022). Estimation of The Fundamental Learning Loss and Learning Poverty Related to COVID-19 Pandemic in Mexico. International Journal of Educational Development, 88(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102515
Ibrahim, Almukarramah, Gunawan, Awang, M. I., & Marwan. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Integratif dalam Meningkatkan Pembelajaran IPA-Biologi Pada Sekolah Menengah Pertama Aceh Indonesia. Jurnal Visipena, 11(1), 116–131. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1087
Irwansyah, M. (2020). Pengaruh Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Terintegrasi Nilai-Nilai Alquran Terhadap Sikap Spiritual Siswa. Pedagogos (Jurnal Pendidikan), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33627/gg.v2i1.303
Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif Melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.
Kazwaini, Nazir, M., Promadi, & Sari, D. C. (2021). Nilai Keislaman pada Buku Ajar IPA SMP/MTs untuk Pembentukan Karakter Religius Siswa. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 277–295. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.11278
Kitchenham, B., & Brereton, P. (2013). A Systematic Review of Systematic Review Process Research in Software Engineering. Information and Software Technology, 55(12), 2049–2075. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2013.07.010
Kumalasari, M. (2019). Analisis Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap LKPD IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing yang Terintegrasi Ayat Al-Quran dan Hadist di SMP Askhabul Kahfi. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1034
Muchlis, Magfirah Perkasa, Muhammad Irwansyah, & Ariyansyah. (2020). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Spiritual Peserta Didik SMP/MTs. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 81–85. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.335
Mujizatullah. (2019). Model Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Islam Pokok Bahasan Sistem Tata Surya dan Kehidupan Bumi. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 19–31. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i1.1736
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. Jejak Publisher.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1053–1062.
Rosa, A. C., Sunardi, H., & Setiawan, H. (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.36982/jiig.v10i1.728
Rosada, S., Triwoelandari, R., & Supriatna, I. (2019). Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa Terintegrasi Nilai Agama Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin. Jurnal Al-Ta’dib, 12(1), 134–147. https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1323
Rifa’i, M. R., & Hasanah, R. (2022). Pengembangan E-book Mobile Learning Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Terintegrasi Keislaman untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Bioeducation Journal, 6(1), 20–32.
Sari, M., Zamista, A. A., Asrar, A., Deswita, P., & Putra, I. S. (2022). Pelatihan Pengambangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Terintegrasi Al-Quran Berbasis Blended Learning. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 979–988. https://doi.org/10.30653/002.202274.203
Shofa, M. M., Nailufa, L. E., & Haqiqi, A. K. (2020). Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Quran dan Nilai-Nilai Pesantren. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 81–90. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.1928
Sholihati, I. W., & Habibi, M. W. (2022). Pengembangan Media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-Qur’an Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTs. Kulidawa, 2(2), 65–74. https://doi.org/10.31332/kd.v2i2.3268
Supriatna, I., & Asmahasanah, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Terintegrasi dengan Nilai Agama Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 162–174. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34803
Susanti, Asyhari, A., & Firdaos, R. (2019). Efektivitas LKPD Terintegrasi Nilai Islami pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 64–78. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3987
Suyasa, I. M., & Sedana, I. N. (2020). Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.54895/jkb.v1i1.314
Utama, N. G., Rahmatan, H., & Azhar, A. (2019). Penerapan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Terintegrasi Nilai Islami Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13550
Vitrianingsih, D., Aulianingsih, I., & Yuliani, H. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) IPA Terintegrasi Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 27–37. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2525