Sistem Pengelolaan Manajemen Laboratorium IPA SMK Negeri 1 Singgahan Kabupaten Tuban

Authors

  • Kharisma Sinta Saputri Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Laboratorium IPA, Manajemen Laboratorium, SMK Negeri 1 Sanggahan

Abstract

Abstract: Science laboratory management is an effort to manage laboratories so that they can be utilized optimally for learning and research. Good science laboratory management can contribute to achieving educational goals, in particular producing graduates who are competent and have good practical skills. This research aims to determine the management of the chemistry laboratory at SMK Negeri 1 Singgahan, this study used descriptive qualitative method. Data was collected through interviews, observations and notes. The research results show that the management of the science laboratory at SMK Negeri 1 Singgahan, is quite good. This is demonstrated by the planning, implementation and evaluation of science laboratory management in a planned and structured manner. However, there are still several things that need to be improved, namely: (1) There is a need to improve the quality of science laboratory facilities and infrastructure, including the provision of more adequate practical equipment; (2) There is a need to increase the capacity of practical supervising teachers, especially the ability to master material and practical skills; and (3) Students need to be educated about the importance of cleanliness and safety in science laboratories. The conclusion of this research is that the management of the science laboratory at SMK Negeri 1 Singgahan, is quite good but still needs improvement to achieve even better quality.

Abstrak: Pengelolaan laboratorium IPA adalah upaya pengelolaan laboratorium agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kegiatan pembelajaran, dan penelitian. Pengelolaan laboratorium IPA yang baik dapat memberikan kontribusi terhadap tercapainya tujuan pendidikan, khususnya menghasilkan lulusan yang kompeten dan memiliki keterampilan praktik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan laboratorium IPA di SMK Negeri 1 Singgahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan catatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan  laboratorium ilmiah SMK Negeri 1 Singgahan sudah cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan  perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengelolaan laboratorium IPA secara terencana dan terstruktur. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, yaitu: (1) Perlu adanya peningkatan kualitas sarana dan prasarana laboratorium IPA, termasuk penyediaan peralatan praktikum yang lebih memadai; (2) Perlu adanya peningkatan kapasitas guru pembimbing praktik khususnya kemampuan penguasaan materi dan keterampilan praktik; serta (3) Siswa perlu dididik tentang pentingnya kebersihan dan keselamatan di laboratorium sains. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan  laboratorium IPA di SMK Negeri 1 Singgahan sudah cukup baik namun masih perlu perbaikan untuk mencapai kualitas yang lebih baik lagi.

References

Agung, S., Khoirunisa, A. N., & Suryaningsih, S. (2022). Tantangan guru sekolah luar biasa pada pembelajaran ipa di abad 21. ALOTROP, 6(1), 43-52.

Akhmalia, N. L. (2018). EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKURI PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Mahanani, C., Susanto, M. R., & Purnomo, S. (2020). Relasi motivasi kerja terhadap kinerja pengelolaan laboratorium di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 33-45.

Maulidah, E. (2019, April). character building dan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran di era revolusi indutri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Pujani, N. M., & Selamet, K. (2020). Pengelolaan laboratorium ilmu pengetahuan alam (IPA) smp negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 118-129.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rosdiana, R., Khuzaemah, E., & Gloria, R. Y. (2016). Analisis Daya Dukung Laboratorium IPA-Biologi dalam Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Pembelajaran Biologi di MA Nurul Hikmah Haurgeulis. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 78-89.

Downloads

Published

2024-12-13