Analisis Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran IPA SMPN 1 Purwantoro

Authors

  • Bramastia Bramastia Program Studi S2 Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
  • Nurhamudin Nurhamudin Program Studi S2 Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Laboratorium, Pembelajaran IPA, Pengelolaan, Standarisasi

Abstract

Abstract: Science learning must be supported by adequate infrastructure, availability of laboratory space to support an orderly and prolonged educational process. The aim of this research is to analyze the use of laboratories in science learning at SMP Negeri 1 Purwantoro. This research used a descriptive qualitative approach with research subjects of 32 grade 8 student respondents. The instruments used were observation sheets, interviews, questionnaires and documentation. Data collection techniques use observation, interviews, questionnaires and documentation methods. Data analysis used in this research includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data analysis technique using the Guttman scale. The results of the research show that the science laboratory room at SMP Negeri 1 Purwantoro can be declared to be in accordance with the standards of Minister of National Education Regulation No. 24 of 2007 with an average of 77.22% in the adequate category, secondly regarding science laboratory equipment, it meets the standards of Minister of Education and Culture Regulation No. 8 of 2018 with an average of 43.4% in the adequate category, and thirdly related to science laboratory equipment that meets the standards of Minister of Education and Culture Regulation No. 8 of 2018 with an average of 78.6% in the eligible category. The hope of this research is that schools can improve science laboratory equipment which is not in accordance with the 2018 Minister of Education and Culture Regulation standardization. So that the learning process will be maximized with several tools that can be updated.

Abstrak: Pembelajaran IPA harus ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai, tersedianya  ruang laboratorium guna mendukung proses pendidikan yang tertib serta berkepanjangan. Tujuan penelitian ini menganalisis pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Purwantoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 32 responden siswa kelas 8. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data dengan skala guttman. Hasil penelitian menunjukkan ruang laboratorium IPA SMP Negeri 1 Purwantoro dapat dinyatakan sudah sesuai standar Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dengan rata- rata mencapai 77.22% kategori cukup layak, kedua terkait alat laboratorium IPA sudah sesuai standar Permendikbud No. 8 Tahun 2018 dengan rata- rata 43.4% kategori cukup layak, dan ketiga terkait alat laboratorium IPA sudah sesuai standar Permendikbud No. 8 Tahun 2018 dengan rata- rata 78.6% kategori layak. Harapan dari penelitian ini sekolah dapat memperbaiki alat laboratorium IPA yang kurang sesuai dengan standardisasi Permendikbud 2018. Sehingga proses pembelajaran akan lebih maksimal dengan beberapa alat yang bisa diperbaharui.

References

Amalatus, R. B., Alifha, R. N., Ningsih, I. S., Hartono, A., & Ikbal, M. (2021). Analisis Studi Kelayakan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 2 Tempurejo. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 49– 55. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.25

Anggereni, S., & Ikbal, M. S. (2018). Analysis of Physics Laboratory Management at The Northern Region of Makassar’s State Senior High Schools By Standard of Facilities and Infrastructure. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 41–47. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2329

Arifin, I. (2017). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Menunjang Pembelajaran di MI Daarul Aitam Palembang. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Ezrailson, C. M. (2013). Danger in the School Science Lab: Are Students At Risk? Proceedings of the South Dakota Academy of Science, Vol 92, 92(February), 149–164.

Gunawan, M. (2020). Analisis Manajemen Laboratorium IPA Di SMPN 03 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. (Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Herlina, Ernawati, Sintiani, L., Afriyanto, R., & Aprida, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPN 2 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020. 2(1), 92–105. http://digilib.uinkhas.ac.id/4900/%0Ahttp://digilib.uinkhas.ac.id/4900/1/AB. Dimas Ghimby_T20169035.pdf

Ismiyanti, N., Windasari, R., M. S, A., H.M, V., & Aziz, A. (2021). Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA di Salah Satu MTs Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.24

Isnaini, M., & Anwar, K. (2018). Evaluasi Kesiapan Guru Fisika Sma Dalam Kegiatan Laboratorium Di Kota Mataram. Paedagoria | FKIP UMMat, 6(1), 49. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i1.104

Kalemben, S., Rumahorbo, B. T., & Siallagan, J. (2018). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(3), 62–70. https://doi.org/10.31957/jipi.v6i3.603

Kemendikbud. (2022). Merdeka Mengajar. Https://Guru.Kemdikbud.Go.Id/.

Miles, M., & Huberman, A. M. (2007). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode-metode baru. Universitas Indonesia Press.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. CV. Sarnu Untung.

Rahmadhani, A. A., Cahyani, V. P., Aristyawan, Mamlu’ah, N., Rahmawati, N. diya, Andreyana, P., & Defika. (2022). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA di SMAN 1 Geger Madiun Berdasarkan Standar Manajemen Laboratorium. Annual International COnference on Islamic Education for Students, 1(1), 351–360. https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.289

Rahman, M. S. (2017). Kajian Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium Ipa Berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Di Smpn 4 Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i1.18

Rostiyana, F. N., Sanusi, A., & Iriantara, Y. (2022). Pengelolaan Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Peserta Didik (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Garut dan MTS Cilawu Nurul Amin). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 435–443. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.432

Setiawati, E., Sopyan, T., & Maladona, A. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium Ipa Dan Alternatif Praktikum Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 229. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6290

Susilo, & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. 07(1), 127–137.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=pTFsEAAAQBAJ

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Downloads

Published

2024-12-13