Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro

Authors

  • Ferry Yudha Pratama Program Studi S2 Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Analisis, Deskriptif Kualitatif, Pengelolaan Laboratorium, Laboratorium IPA

Abstract

Abstract:. Science learning is one of the studies of science that contains various scientific theories and concepts that can be proven through a series of research activities. Research activities that can support science learning can be carried out through science laboratories. A good science laboratory must have laboratory management and management that can provide an overview of activities related to the laboratory, so that in this case all activities will be more structured and laboratory use will run smoothly. The purpose of this study was to analyze the management of science laboratories at SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro. The research method used is descriptive qualitative. Data collection was done by interview, observation, and documentation. The results showed that the science laboratory has quite complete tools and materials but the comparison is not balanced between the availability and the number of users, namely students, there is a schedule for using the laboratory, rules of procedure, and funding from BOS. However, in terms of management, it is still not optimal because it only has a laboratory head while the duties of laboratory assistants and technicians are replaced by the laboratory head and science teacher. The solution to overcome these obstacles is that the principal, the committee and the laboratory work together to propose the needs of laboratory infrastructure and laboratory personnel. In addition, it is necessary to improve the management of the laboratory.

Abstrak: Pembelajaran IPA merupakan salah satu kajian ilmu pengetahuan yang berisi tentang berbagai teori dan konsep ilmiah yang dapat dibuktikan melalui serangkaian kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian yang dapat menunjang pembelajaran IPA dapat dilakukan melalui laboratorium IPA. Laboratorium IPA yang baik harus memiliki pengelolaan dan manajemen laboratorium yang dapat memberikan suatu gambaran kegiatan yang berhubungan dengan laboratorium, sehingga dalam hal ini semua kegiatan akan lebih terstruktur dan penggunaan laboratorium akan berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis manajemen laboratorium IPA di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium IPA memiliki alat dan bahan cukup lengkap namun dengan perbandingan yang tidak seimbang antara ketersediaan dengan jumlah pengguna yaitu siswa, terdapat jadwal penggunaan laboratorium, tata-tertib, dan pendanaan dari BOS. Namun, dalam hal pengelolaan masih belum maksimal karena hanya memiliki kepala laboratorium sedangkan tugas laboran serta teknisi di gantikan oleh kepala laboratorium dan guru IPA. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut kepala sekolah bersama komite dan pihak laboratorium bekerja sama untuk mengajukan kebutuhan sarana prasarana laboratorium serta tenaga laboratorium. Selain itu, perlu perbaikan dalam pengelolaan dan perawatan laboratorium sehingga kegiatan praktikum akan berjalan efektif dan efisien.

References

Bskap Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. 008/H/Kr/2022, 184–192.

Mendikbudristek. (2023). Standar Sarana Dan Prasarana Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. 22 Tahun 2023.

Rahmadhani, A. A., Cahyani, V. P., Aristyawan, Nafi, M., Rahmawati, N. D., Andreyana, P., & Defika. (2022). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA di SMAN 1 Geger Madiun Berdasarkan Standar Manajemen Laboratorium. Annual International COnference on Islamic Education for Students, 1(1), 351–360. https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.289

Suranto, Swadesi, B., & Asmorowati, D. (2020). Manajemen Laboratorium (D. Asmorowati (ed.); 1st ed., Issue 1). Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta Redaksi.

Susilo, B. (2018). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar IPA. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 225. Https://Doi.Org/10.30738/Mmp.V1i2.3256

Susilowati. (2012). Administrasi Dan Inventarisasi Laboratorium IPA. In Pelatihan Pengelolaan Laboratorium IPA.

Downloads

Published

2024-12-13