Literature Review: Strategi Implementasi Inquiry lesson dalam Pembelajaran Sains Ditinjau dari Jenjang Pendidikan dan Mata Pelajaran

Authors

  • Adelliana Dini Timikasari Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
  • Baskoro Adi Pr Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
  • Mohammad Masykuri Program Studi S2 Ilmu Fisika, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Inquiry Lesson, Pembelajaran IPA, Studi Literatur

Abstract

Abstract: Learning carried out in schools must train students to face the challenges of the 21st century. The learning carried out must be adaptive, creative, and proactive to achieve learning goals. The learning carried out must be meaningful and make students enthusiastic so that students become active in learning activities, one of which is science. Inquiry is an effort to design varied learning that enables students to make discoveries. According to Wenning, one of the levels in inquiry learning is an inquiry lesson which emphasizes investigation, so that students will gain experience and knowledge according to the evidence needed in science learning. The presentation of this article is carried out with a literature review that focuses on inquiry lessons in science learning in schools. Selection of articles to be analyzed over a certain period, method or media, level of education, choice of subjects, and the influence of other variables. This research was carried out in accordance with the guidelines in the Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta Analysis (PRISMA) so that the articles selected will be systematic. The research results show that in the period 2018 to 2023, there were articles with appropriate criteria and showed discussions in accordance with inquiry lessons and science learning. The application of inquiry lessons is mostly done in secondary schools because many experiments can be done to provide proof.

Abstrak: Pembelajaran yang dilakukan di sekolah harus melatihkan siswa dalam menghadapi tantangan abad 21, pembelajaran yang dilakukan harus adaptif, kreatif dan poraktif untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan harus bermakna yang membuat siswa antusias sehingga siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran salah satunya dalam IPA. Inkuiri menjadi suatu upaya dalam mendesain pembelajaran yang variatif yang menjadikan siswa mampu melakukan penemuan. Level dalam pembelajaran inkuiri menurut Wenning salah satunya inquiry lesson yang menekankan pada penyelidikan, sehingga siswa akan mendapat pengalaman dan pengetahuan sesuai dengan pembuktiannya yang dibutuhkan dalam pembelajaran IPA. Penyajian artikel ini dilakukan dengan literature review yang difokuskan pada inquiry lesson pada pembelajaran IPA di sekolah. Pemilihan artikel yang akan dilakukan analisis dalam kurun waktu tertentu, metode atau media, jenjang pendidikan, pemilihan mata pelajaran dan pengaruh variable lainnya. Penelitian yang dilakukan ini sesuai dengan pedoman yang ada dalam Preferred Reporting Items for Systematic Review and MetaAnalysis (PRISMA) sehingga artikel yang dipilih akan sistematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kurun waktu 2018 hingga 2023 terdapat artikel dengan kriteria sesuai dan menunjukan pembahasan sesuai dengan inquiry lesson dan pembelajaran IPA. Pengaplikasian inquiry lesson paling banyak dilakukan di sekolah menengah karena terdapat banyak eksperimen yang bisa dilakukan untuk melakukan pembuktian.

References

American Association of Colleges of Teacher Education and the Partnership for 21st Century Skills (P21). (2010). 21st Century Knowledge and Skills in Educator Preparation.

Anggraini, A. I., Nugroho, A. A., & Wiharti, T. (2021). Penerapan Model Inquiry lesson dengan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi pada Pembelajaran Biologi SMA. Proceeding Biology Education Conference,18(1), 1-5.

Ansori, M. (2021). Penerapan Level of Inquiry (LOI) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 7(1), 83–97. https://doi.org/10.26877/jp3.v7i1.8713

Azizah, L. N., Munzil, M., & Fajaroh, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Level of Inquiry Berbantuan Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 554. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13414

Badruzzaman, D. R., Utari, S., Karim, S., & Sirnawati, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Levels of Inquiry Pada Siswa Kelas X Ipa 2 Di Sma Negeri 2 Bandung. WaPFI: Wahana Pendidikan Fisika, 4(2), 187–193. https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/20200%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/download/20200/10915

Eskatur Nanang Putro Utomo. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Inquiry lesson Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses dan Hasil Belajar Kompetensi Keterampilan Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9(1), 45–60.

Gunardi. Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. (2020). SHEs: Conference Series, 3(3), 2288–2294.

Herlina, L. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Dengan Model Inquiry Levels Dalam Pembelajaran IPA. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 10–18. https://doi.org/10.25157/jpb.v7i1.4302

Hidayati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Levels of Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sel Di Sma Negeri 1 Kuala. Jurnal Sains Riset, 12(September), 437–443. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/720%0Ahttps://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/download/720/695

Irma Kusumastuti, S. A. dan W. S. (2020). Penerapan Asesmen Kinerja Dalam Meningkatkan Kemampuan Inkuiri Melalui Pembelajaran Levels of Inquiry Siswa SMA. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1), 101–116.

Laisina, C. J., Huliselan, E. K., Tamaela, E. S., Fisika, S. P., & Pattimura, U. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry lesson Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Hukum Newton Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 71 Maluku Tengah. Physikos Journal of Physics and Physics Education, 2(1), 1–8.

Mijaya, N. P. A. P., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamet, K. (2019). Profil Literasi Sains Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Levels of Inquiry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 161. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385

Novalina, E., Sudarti, & Yushardi. (2012). Pengaruh Lesson Study menggunakan model inquiry pada pembelajaran fisika siswa kelas X SMA 1 Tanggerang. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 238–246.

Nurjanah, A., Ramalis, T. R., & Rusdiana, D. (2019). Penerapan Model Levels of Inquiry Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Tata Surya SMP. Journal of Science Education and Practice, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.33751/jsep.v3i1.1392

Oktaviana, R., Nuraeni, N & Amprasto. (2023). Penerapan Lkpd Berbasis Inquiry lesson Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 343–363.

Salim, S., Suryaman, S., & Rusmawati, R. (2019). Keefektifan Tingkatan Pembelajaran Inkuiri (Level of Inquiry) Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pengetahuan Awal Siswa Yang Berbeda. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 96–108. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p096

Sarwanto, S. (2021). Level of Inquiry Pembelajaran Fisika: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 141. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50086

Situmorang, S. M. S., Rustaman, N. Y., & Purwianingsih, W. (2020). Identifikasi Kreativitas Siswa SMA Dalam Pembelajaran Levels of Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Melalui Asesmen Kinerja. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 35–43.

Susilowati., Sajidan., & Murni Ramli. (2018). Keefektifan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inquiry lesson Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49-60.

Wenning, C. J. (2005a). Levels of inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal of Physics Teacher Education Online, 2(3), 3-11.

Wenning, C. J. (2010). Levels of inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science. Journal of Physics Teacher Education Online, 5(4), 11-19.

Wenning, C. J. (2011). The Levels of Inquiry Model of Science Teaching: Learning Sequences to Lesson Plans. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 17-20.

Wiwi, K. P., Windyariani, S., & Setiono, S. (2022). Penerapan Model Inquiry lesson Terhadap Habits of Mind Peserta Didik Kelas X MIPA Pada Materi Ekosistem. Biodik, 8(4), 153–160. https://mail.online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/19118

Zahra, N., Wulan, A. R., & Hamdiyati, Y. (2023). Pengembangan Asesmen Kinerja Inquiry lesson Pada Topik Permasalahan Biologi Abad 21 Siswa SMA. Jurnal Paedagogy, 10(1), 12. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.5780

Zulaichah, S., Sukarmin, S., & Masykuri, M. (2021). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Inquiry lesson Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Siswa. Edusains, 13(1), 64–72. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.17389

Downloads

Published

2024-12-13