The relationship between Microbiology Learning Outcomes and Clean and Healthy Living Behavior in Biology Education Students at Kerinci State Islamic University

Authors

  • Viola Amelia Syafitri Program Studi S2 Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Jambi
  • Anisa Fitria Program Studi S2 Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Jambi
  • Riska Fitriani Program Studi S2 Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Jambi

Keywords:

Hasil Belajar, Mikrobiologi, PHBS

Abstract

Abstract: This study falls under the category of quantitative research and employs product moment correlation analysis to investigate the potential correlation between microbiology learning outcomes and clean and healthy living behavior. The study's population comprises students majoring in Biology Education from the class of 2019. The sampling method used in this research is total sampling, meaning that the sample size is equal to the population size. Consequently, the research sample consists of 75 fifth-semester students from the 2019 cohort in the Biology Education program. Data collection methods for this study include attitude scales, interviews, and documentation. The research findings indicate the following: 1) The learning outcomes of third-semester Biology Education students from the 2019 cohort are at 83, falling within the range of 80 to 86, indicating fairly good performance. 2) The clean and healthy living behavior of fifth-semester Biology Education students from the same cohort averages at 85, placing it within the 81-89 range, which is categorized as fairly good. 3) Based on the correlation calculations for the 2019 cohort, the correlation coefficient (rxy) is 0.740 at a 5% significance level. The calculated rcount value surpasses the rtable value (0.740 > 0.233), indicating a strong level of relationship within the 0.60-0.799 coefficient interval. Furthermore, the significance value (sig value) (2-tailed) is 0.000, which is less than 0.05. As a result, the null hypothesis (Ho) is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This data analysis provides evidence of a significant relationship between learning outcomes and clean and healthy living behavior among Biology Education students at Kerinci State Islamic Institute.

Abstrak: Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis korelasi product moment untuk mengetahui potensi korelasi antara hasil pembelajaran mikrobiologi dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi angkatan 2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, artinya besar sampel sama dengan besar populasi. Oleh karena itu, sampel penelitiannya terdiri dari 75 mahasiswa semester lima angkatan 2019 program Pendidikan Biologi. Metode pengumpulan data penelitian ini meliputi skala sikap, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) Hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi semester III angkatan 2019 berada pada angka 83, berada pada rentang 80 hingga 86, menunjukkan kinerja yang cukup baik. 2) Perilaku hidup bersih dan sehat mahasiswa Pendidikan Biologi semester V pada angkatan yang sama rata-rata sebesar 85, berada pada rentang 81-89 yang termasuk dalam kategori cukup baik. 3) Berdasarkan perhitungan korelasi kohort tahun 2019 diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,740 pada tingkat signifikansi 5%. Nilai rhitung tersebut melampaui nilai rtabel (0,740 > 0,233), sehingga menunjukkan tingkat hubungan yang kuat pada interval koefisien 0,60-0,799. Selanjutnya nilai signifikansi (nilai sig) (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Hasilnya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Analisis data ini memberikan bukti adanya hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada mahasiswa Pendidikan Biologi Institut Agama Islam Negeri Kerinci.

References

Aminah, Nina. 2013. Pendidikan Kesehatan dalam Al-Quran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anitah, Sri. 2020. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bagus T, Ida 1992. Pendidikan Kesehatan, Bandung: ITB Pustaka.

Campbell, Neil A. 2006. Biologi. Jakarta: Erlangga.

Desiana. 2012. Metode Penelitian, Sungai Penuh: Stain Kerinci Press.

Dewi M, A Wawan. 2010. Teori dan Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia.Yogyakarta: Nuha Medika.

Hajoeningtyas, Oetami Dwi. 2012. Mikrobiologi Pertanian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Herry H, Asep. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.

Indrawati, Gandjar. 2006. Mikologi Dasar dan Terapan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kunandar, 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Murwati, Siti. 2014. Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Virus Dengan Pola pikir Tentang Hidup Sehat Peserta Didik kelas X MA Matholi`ul Huda Pucakwangi Pati. Skripsi. Walisongo. Semarang.

Niswah, Mustathi`atun. 2016. Hubungan Antara Pola Makan Sehari-hari dan Gaya Hidup Sehat Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Skripsi. Universitas Walisongo. Semarang.

Periantalo, Jelpa. 2014. Kontribusi Skala Sikap terhadap Pembelajaran Matematika dan sains”. Jurnal: Edu Sains, Volume 3, No.2

Pratiwi, Sylvia T. 2008. Mikrobiologi Farmasi. Jakarta: Erlangga Pelczar, Michael J dan E.S.C. Chan. 2006. Dasar-dasar Mikrobiologi. Jakarta: UI Press.

Proverawati, Atikah. 2016. PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rimba Mawan, Agni. 2017. Pengembangan Vidio Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Melalui Uji Aktivitas Antibakteri Tumbuhan Syzygium Polyanthum (Wight) Walp Terhadap Bakteri Escherichia coli. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Malang. Malang

Sardiman A.M., 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Siregar, Eveline, & Nara, Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siregar, Syofian. 2011. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Rajawali Pers.

Somantris, Ating, dan Ali M, Sambas. 2006. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Subana, 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: CV Pustaka setia.

Subandi. 2010. Mikrobiologi Perkembangan, Kajian, dan Pengamatan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Somantris, Ating dan Ali M, Sambas. 2006. Aplikasi Statistik dalam penelitian, Bandung: CV Pustaka Setia.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Faikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunardi, Jaka & Setyo, Erwin. 2020. “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta saat pandemi Covid-19”, Jurnal: Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 16, No.2.

Syaodih, Nana. 2005. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjitarsa,Ida Bagus. 1992. Pendidikan Kesehatan. Bandung: ITB Pustaka.

Yodong. 2017. Bahan Ajar Keperawatan Gigi Mikrobiologi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-13