Literature Review: Analisis Penggunaan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran

Authors

  • Hening Tyas Almira Program Studi S2 Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret
  • Endah Febri Setya Rini Program Studi S2 Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret
  • Dhimas Ridha Arrahman Program Studi S2 Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret

Keywords:

kemampuan siswa, kegiatan pembelajaran, teknologi, virtual lab

Abstract

Abstract: Rapid technological advances have had a huge impact on various sectors, especially the education sector. A virtual lab can be a learning innovation in improving students' learning abilities. The aim of this research is to analyze the use of Virtual Lab to improve students' abilities in learning activities. This type of research is qualitative research using a systematic literature review method. The sample used in this research was 15 articles originating from Google Scholar with a publication period of 2017 to 2023. Based on the results of a systematic literature review analysis, it was found that Virtual Lab can improve students' abilities in learning activities such as learning motivation, scientific attitudes, abilities thinking, understanding concepts, active learning, science process skills, and student learning achievement. The conclusion in this research is that Virtual Lab can support learning activities and improve students' learning abilities. Researchers hope that this research can contribute to the field of education.

Abstrak: Kemajuan teknologi yang berkembang pesat sangat berdampak di berbagai sektor terutama sektor pendidikan. Virtual Lab dapat menjadi sebuah inovasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penggunaan Virtual Lab untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan literatur sistematis. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 artikel yang berasal dari Google Scholar dengan rentang waktu publikasi tahun 2017 sampai dengan 2023. Berdasarkan hasil analisis tinjauan literatur sistematis didapatkan bahwa Virtual Lab dapat meningkatan kemampuan siswa dalam kegiatan pembelajaran seperti motivasi belajar, sikap ilmiah, kemampuan berpikir, pemahaman konsep, keaktifan belajar, keterampilan proses sains, dan prestasi belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Virtual Lab dapat mendukung kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar. Peneliti berharap adanya penelitian ini dapat berkontribusi dalam bidang pendidikan.

References

Alatas, F., & Sakina, W. H. (2019). Guided discovery berbantuan virtual lab untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3(2), 138–148.

Alfarizi, R., Rifa, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab Pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau Dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR : Jurnal Pendidikan IPA, 1, 19–28.

Aljuhani, K., Sonbul, M., Althabiti, M., & Meccawy, M. (2018). Creating a Virtual Science Lab ( VSL ): the adoption of virtual labs in Saudi schools. Smart Learning Environments, 5(16).

Alneyadi, S. S. (2019). Virtual Lab Implementation in Science Literacy : Emirati Science Teachers ’ Perspectives. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 15(12).

Ambusaidi, A. (2018). The Impact of Virtual Lab Learning Experiences on 9 th Grade Students ’ Achievement and Their Attitudes Towards Science and Learning by Virtual Lab. Journal Turkish Science Education, 15(2). https://doi.org/10.12973/tused.10227a

Astalini, Darmaji, Kurniawan, D. A., Wirayuda, R. P., Putri, W. A., Rini, E. F. S., Ginting, A. A. B., & Ratnawati, T. (2023). Impact of Science Process Skills on Thinking Skills in Rural and Urban Schools. International Journal Instruction, 16(2), 803–822.

Bugarso, J. M., Cabantugan, R., Tapiculin, Q., & Malaco, A. (2021). Students ’ Learning Experiences And Preference In Performing Science Experiment Using Hands-On And Virtual Laboratory. Indonesian Journal of Teaching in Science, 1(2).

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Fatayah, F. (2023). Penggunaan Laboratorium Virtual Dalam Proses Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa. UNESA Journal of Chemical Education, 12(1), 23–29.

Gay, I. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2012). Educational Research: Competencies For Analysis and Applications (Vol. 148). Pearson Education.

Gunawan, G., & Liliasari, L. (2012). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Cakrawala Pendidikan, 2, 185–199. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1556

Haryadi, R., & Pujiastuti, H. (2020). PhET simulation software-based learning to improve science process skills PhET simulation software-based learning to improve science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1521. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022017

Hidah, L., & Sudibyo, E. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Mobile Virtual Laboratory untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar. PENSA E-JURNAL : Pendidikan Sains, 10(2), 185–192.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186–195.

Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 81–90.

Kiraga, F. (2023). Literature Review : Efforts To Improve Creative Thinking Ability In Science Learning. Integrated Science Education Journal, 4(2), 77–83. https://doi.org/10.37251/isej.v4i2.330

Kurniawan, W., Jufrida, J., Basuki, F. R., Ariani, R., & Fitaloka, O. (2019). Virtual Laboratory Based Guided Inquiry: Viscosity Exsperiments. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), 91. https://doi.org/10.26737/jipf.v4i2.1069

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Fitriya. (2012). PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL ( VIRTUAL LABORATORY ) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP / MTs. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 272–277.

Maksum, A. H. (2020). Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium. TIARSIE, 17(2), 47–52.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran : Peluang dan Tantangan. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77–83.

Munchson, M., Munzil, Winarni, B. E., & Agusningtyas, D. (2019). Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 51–64.

Najib, A. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Virtual Laboratory pada Materi Getaran dan Gelombang di MTSN 3 Demak. Jurnal Central Publisher, 1(4), 274–288.

Nurrokhmah, I. E., & Sunarto, W. (2013). Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Kimia. Jurnal Chemistry in Education, 2(1).

Oladejo, & Ebisin. (2021). Virtual Laboratory: An Alternative Laboratory for Science Teaching and Learning. FEPI-JOPAS, 3(1).

Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadaluko Online (JPFT), 8(1).

Ramadhani, P., Farma, S. A., Fuadiyah, S., & Yogica, R. (2021). Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa Virtual Laboratory as a Step to Maximize Student Skills. Prosiding SEMNAS BIO, 1, 791–798.

Rini, E. F. S., & Aldila, F. T. (2023). Practicum Activity: Analysis of Science Process Skills and Students’ Critical Thinking Skills. Integrated Science Education Journal, 4(2), 54–61.

Ristina, Khairil, & Artika, W. (2020). Desain Pembelajaran Virtual Laboratorium Berbasis Sistem Eksresi Manusia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15761

Rusdi, M. A., Herliani, & Rijai, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep 2020 / 2021. Jurnal Zarah, 9(2), 125–130.

Setiya Rini, E. F., Darmaji, D., & Kurniawan, D. A. (2022). Identifikasi Kegiatan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMPN Se-Kecamatan Bajubang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2476–2481. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2360

Sulaiman, A., & Azizah, S. (2020). Problem-Based Learning to Improve Critical Thinking Ability In Indonesia : A Systematic Literatur Review. Jurnal Pedagogik, 07(01).

Wata, T. D., Yunus, S. R., & Ramlawati. (2022). Penerapan Virtual Lab Phet Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Materi Pook Getaran dan Gelombang. Jurnal IPA Terpadu, 6(2), 138–144.

Widowati, A., Nurohman, S., & Setyowarno, D. (2020). Development of Inquiry-Based Science Virtual Laboratory for Improving Student Thinking Skill of Junior High School. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 170–177.

Downloads

Published

2023-11-13