Penggunaan Media SWAY dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid Tema Karakteristik Geografis Indonesia Kelas V SD

Penulis

  • Diyas Age Larasati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Kata Kunci:

media sway, pembelajaran daring, covid

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media sway dalam pembelajaran daring selama pandemi covid tema karakteristik Geografis Indonesia kelas V SD. Media sway bagian dari Microsoft 365 yang memiliki fitur presentasi berupa foto, gambar, video, bagan, link, dan lainnya dalam format dan desain yang lebih menarik. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur melalui video call whatsapp dan kuisioner tertutup melalui googleform. Responden penelitian ini berjumlah 40 orang, terdiri atas 35, 4 guru dan 1 kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85% respon positif terhadap penggunaan media sway. Sangat setuju 10% dan 5% Kurang setuju bahwa penggunaan media sway dapat membantu pembelajaran daring selama pandemi covid. Kelebihan media sway menurut responden adalah lebih menarik dan interaktif, sehingga dapat berkomunikasi secara jarak jauh. Kelemahan media sway menurut responden adalah media baru dan belum terbiasa mengaksesnya.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2021