Hubungan Bauran Pemasaran dengan Minat Kunjungan Kembali Wisatawan di Agrowisata Taman Celosia Bandungan
Abstrak
Taman Celosia merupakan salah satu agrowisata yang ada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Taman ini terkenal karena keindahan dan keragaman bunga celosia yang menjadi daya tarik utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan variabel-variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi dengan minat berkunjung kembali wisatawan di Taman Celosia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan responden berjumlah 96 orang. Analisis data menggunakan korelasi rank spearman, hasil penelitian menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara bauran pemasaran produk, harga, tempat, dan promosi dengan minat kunjungan kembali. Hubungan produk dengan minat kunjungan kembali memiliki tingkat korelasi yang yang kuat. Hubungan harga dan tempat memiliki tingkat yang sedang dan hubungan promosi dengan minat kunjungan kembali memiliki tingkat korelasi yang rendah.
Kata kunci: Minat Kunjungan Kembali, Bauran Pemasaran, Taman Celosia, Bandungan